Info Loker 2023, Lowongan Kerja 2023, Loker 2023, Loker Banyumas 2023, Loker Jawa Tengah 2023, kata kunci pekerjaan, jobstreet, kata-kata untuk resume cara membuat resume kerja lampiran cv di jobstreet, lowongan kerja bandung, lowongan kerja terdekat, lowongan kerja hari ini, lowongan kerja pabrik, lowongan kerja langsung diterima, lowongan kerja karawang, lowongan kerja bekasi, lowongan kerja bogor, lowongan kerja 2023, lowongan kerja 2021, lowongan kerja bumn, lowongan kerja surabaya, lowongan kerja bandung, lowongan kerja jakarta, lowongan kerja medan, lowongan kerja di bali, lowongan kerja semarang olx lowongan kerja, info lowongan kerja, lowongan kerja bandung, lowongan kerja terdekat, lowongan kerja hari ini, lowongan kerja pabrik, lowongan kerja langsung diterima, lowongan kerja karawang
9 Kelebihan Usaha Kelompok untuk Bidang Bisnis - Portal.co.id

9 Kelebihan Usaha Kelompok untuk Bidang Bisnis

Usaha kelompok termasuk dalam salah satu jenis usaha di Indonesia, dan ternyata usaha ini memiliki banyak kelebihan. Kelebihan usaha kelompok ini biasanya didapatkan dari kerja kelompok, dan usaha bahu membahu untuk membangun perusahaan ini. Belum terjadi nya masih Mengalami Krisis COVID-19 Sehingga mengharuskan membuat Usaha Bisnis baru, Beberapa Berikut Tips Dari Portal.co.id

9 Kelebihan Usaha Kelompok Apakah Lebih Baik dari Usaha Perorangan?

Bagi yang mungkin masih ragu untuk membuka usaha berkelompok, maka dapat melihat pembahasan tentang kelebihan di bawah ini. 

1. Dana dapat Lebih Besar

Karena ini merupakan usaha yang dilakukan secara berkelompok, maka sangat jelas bahwa dana yang didapatkan dapat jauh lebih besar dibanding dengan usaha sendiri. Hal ini melalui pertimbangan, bahwa usaha ini dirintis dengan dana patungan dari para pendirinya.

Tentu saja dana yang dikumpulkan dapat jauh lebih besar dibandingkan dengan dana yang didapatkan perorangan. Selain memungkinkan mendapatkan dana yang lebih besar, menggunakan metode ini juga dapat mengurangi beban biaya yang ditanggung oleh individu. 

Sebagai gambaran, misalkan saja pengusaha membutuhkan modal Rp 10juta kalau mendirikan usaha perorangan maka dana tersebut akan ditanggung sendiri. Berbeda kalau itu usaha kelompok, dana tersebut dapat dibagi sesuai dengan jumlah anggota kelompok. 

2. Pembagian Tugas Jelas

Mungkin ini tidak terpikirkan sebelumnya, namun ternyata ini termasuk ke dalam kelebihan usaha kelompok. Karena banyak yang bergabung dalam usaha ini, maka pembagian tugasnya dapat langsung dilakukan sesaat setelah usaha tersebut dibuat.

Apabila usaha dilakukan perseorangan, maka kemungkinan besar seseorang tersebut hanya dapat menjabat satu tugas saja. Sementara, kalau usaha dilakukan perkelompok sebagai contoh empat orang saja pembagian tugas dapat langsung dilakukan. 

Untuk 4 orang tersebut, dapat menjabat seperti CEO, CFO, COO, dan CMO. Keempat jabatan tersebut memiliki jobdesknya masing-masing yang jelas berbeda, seperti operasional, marketing, financial, dsb. 

3. Resiko dapat Ditanggung Bersama 

Kelebihan selanjutnya dari usaha yang dilakukan bersama ini adalah, apabila ada resiko maka resiko tersebut dapat ditanggung bersama oleh para pendiri. Tidak seperti usaha perorangan yang langsung membebankan resiko tersebut hanya ke satu orang saja. 

Apabila seperti ini, maka kemungkinan bangkitnya menjadi lebih mudah dan tentu menjadi lebih cepat. Karena resiko yang dihasilkan dapat langsung ditanggung bersama, dan kelompok tersebut bersama-sama menjadi pemecah masalah yang terjadi.

Terkadang resiko ini akan terlalu berat apabila ditanggung sendirian, terutama bagi yang baru memulai bisnis. Karena itu akan lebih baik jika usaha ini dilakukan secara kelompok, supaya resiko yang ditanggung dapat dibagi bersama, dan tidak terlalu berat.  

4. Mendapatkan Modal Lebih Mudah 

Salah satu kelebihan perusahaan yang dilakukan secara berkelompok adalah mendapatkan modal dengan lebih mudah. Hal ini sebenarnya masih berkaitan dengan poin pertama, terkait dengan dana yang didapatkan dapat lebih besar dibanding dengan usaha perorangan.

Masih berkaitan, di sini pengusaha akan mendapatkan modal dengan cepat dan jauh lebih mudah dibanding perorangan. Karena dengan usaha kelompok, pengusaha dapat mendapatkan modal dengan metode patungan yang tentunya akan jauh lebih cepat membuat dana terkumpul. 

Coba bandingkan dengan perusahan perorangan yang mengharuskan individu tersebut bekerja sendiri untuk mencari modal yang dibutuhkan. Kemungkinan besar untuk mendapatkan modal tersebut biasanya individu menggunakan tabungan yang dimilikinya, dan melakukan pinjaman. 

5. Menjadi Wadah Bertanya dan Berdiskusi 

Ternyata membuat usaha berkelompok tidak hanya tempat untuk mendapatkan keuntungan, tapi juga tempat untuk melakukan diskusi dan tanya jawab. Karena di sini ada beberapa rekan yang ikut mendirikan usaha ini, dan tentu terjun langsung untuk mengurusnya. 

Pada saat pembuatan tersebut, ataupun proses menjalaninya dapat digunakan sebagai ladang untuk melakukan tanya jawab maupun berdiskusi antar sesama rekan kerja. Dengan begini, jawaban ataupun tantangan yang dihadapi dapat langsung dipecahkan dengan mudah. 

Memang sulit untuk menyatukan beberapa pemikiran dari kepala yang berbeda-beda, namun justru ini dapat membuat pemikiran menjadi lebih terbuka. Jadi dapat melatih individu juga untuk saling memahami sesama tanpa menghakimi orang yang berbeda pemikiran. 

6. Saling Bertukar dan Berbagai Ilmu 

Hal yang menjadi kelebihan usaha kelompok selanjutnya adalah usaha ini dapat menjadi tempat untuk saling bertukar pikiran, dan juga ilmu yang dimiliki. Jadi secara tidak langsung di sini pengusaha tidak hanya mencari profit dari segi financial saja tapi juga non financial. 

Karena di sini pengusaha dapat langsung menukarkan ilmu dan pemikiran yang dimiliki secara gratis, dan mudah. Tidak perlu keluar dari perusahaan yang dimiliki, cukup melakukan tukar pemikiran secara langsung di perusahaan tersebut. 

Dengan melakukan pertukaran pikiran, dan ilmu ini dapat membantu pengusaha untuk menambah wawasan yang dimilikinya. Hal ini secara tidak langsung dapat membuat usaha menjadi lebih cepat maju, dan berkembang tanpa disadari. 

7. Koneksi Lebih Luas 

Karena yang mendirikan perusahaan ini tidak hanya satu orang, namun beberapa orang yang menjadi kelompok. Beberapa orang tersebut dapat menghasilkan koneksi yang luas, karena tentunya orang-orang tersebut mengenal beberapa orang lainnya di luar usaha. 

Dengan banyaknya koneksi yang dimiliki tersebut, dapat membuat usaha menjadi lebih cepat berkembang. Selain itu beberapa masalah dapat terselesaikan dengan lebih cepat, karena banyaknya koneksi yang dimiliki. 

Sebagai contoh masalah keuangan, yang dapat terselesaikan apabila pengusaha memiliki koneksi yang luas. Karena pinjaman akan didapatkan dengan mudah, atau suntikan dana dengan kegiatan lain juga dapat didapatkan dengan jauh lebih mudah dan juga efektif. 

8. Tenaga Kerja Sudah Terjamin 

Hal ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya yakni pembagian tugas yang lebih jelas jika dibandingkan dengan usaha perorangan. Karena pembagian tugas tersebutlah, maka secara tidak langsung tenaga kerja yang dimiliki sudah jauh lebih terjamin. 

Mungkin banyak yang tidak terpikir tentang kelebihan usaha kelompok yang satu ini, tapi ini memang benar adanya. Pembagian tugas yang jelas, artinya beberapa kerjaan sudah ada yang menghandle dan tidak membutuhkan karyawan dari pihak luar. 

Sebagai contoh, seorang pendiri yang sudah menjabat sebagai manajer produksi dapat melakukan kegiatan produksi. Karena hal tersebut, maka perusahaan tidak perlu mengambil karyawan lagi hanya untuk melaksanakan tugas produksi karena sudah ada yang menempati. 

9. Kegiatan Produksi Dapat Lebih Cepat 

Terakhir, karena banyaknya orang yang terlibat maka kegiatan produksi yang dilakukan ini dapat lebih cepat dibanding dengan bisnis perorangan. Hal ini sangat berpengaruh terutama pada usaha yang bergerak dibidang produksi, dan masih dalam skala kecil-kecilan. 

Kecepatan kegiatan produksi ini akan langsung terasa, dan tentunya tidak membutuhkan orang tambahan lagi. Karena seperti yang sudah dikatakan tadi kalau sudah ada beberapa orang di dalam kelompok yang siap mengerjakan tugas tersebut.

Jadi secara tidak langsung kegiatan usaha berkelompok ini dapat meningkatkan kegiatan produksi yang dilakukan. Hal tersebut dapat membuat pendapatan yang dimiliki menjadi meningkat, dan tentu sangat menguntungkan bagi perusahaan yang menjalankan bisnis tersebut. 

Karena ternyata kelebihan usaha kelompok ini sangat banyak, maka sangat disayangkan apabila pengusaha terutama usaha pemula tidak mencoba metode ini. Dengan begitu, usaha impian dapat segera diwujudkan dengan segera.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button