Portal Bisnis

Traveling Bisa Menghasilkan Uang

5 Cara Mendapatkan Uang dengan Traveling

5 Cara Mendapatkan Uang dengan Traveling

Di jaman ini traveling bisa menghasilkan uang/cuan bukan hanya angan-angan semata. Sebab sudah banyak orang yang membuktikan. Jika penasaran bagaimana cara mendapatkan uang dengan traveling simak terus informasi di bawah ini hingga tuntas! Sebab akan sangat berguna, khususnya bagi orang-orang yang suka dengan traveling, sebagai berikut:

1. Tulis Artikel di Media Online

Jika mempunyai hobi menulis di blog dan suka jalan-jalan, maka kesempatan mendapatkan penghasilan uang semakin terbuka. Bagaimana caranya? Mudah, tuangkanlah pengalaman saat traveling ke blog. Tulis dengan gaya bahasa yang bisa menarik pembaca. Lalu, daftarkan blog ke Google Adsense. Dengan upaya ini, maka kesempatan mendapatkan uang dari blog yang semakin terbuka lebar.

2. Tulis Buku

Hampir sama seperti sebelumnya, namun kali ini medianya berbeda. Buku yang bertema traveling dan dibumbui hal-hal menarik tidak akan kehabisan peminat. Sebab, masih ada saja orang yang penasaran dengan banyaknya tempat wisata di dunia ini. Tentunya, menuangkan pengalaman traveling dalam sebuah buku, bisa menjadi prospek yang bagus yang ada di dunia kepenulisan.

Sebagai contoh, pengembara jaman dahulu dikenal hingga kini karena mewariskan pengalamannya berupa tulisan. Penulis jaman sekarang pun bisa. Bagaimana jika tak kunjung diterima penerbit? Tenang. Coba saja terbitkan secara self publishing. Melalui self publishing penulis bisa bebas menentukan sampul, harga dan sistem pemasarannya secara mandiri.

3. Upload Video Traveling ke Media Sosial

Selain dengan membuat tulisan, membuat video pun bisa dipakai sebagai cara mendapatkan uang dengan traveling. Entah itu berupa video dokumenter maupun vlog. Jika video traveling dirasa menarik dan mengedukasi, segera upload ke media sosial misalnya Instagram, YouTube dan lain sebagainya. Semakin banyak yang menonton, maka peluang mendapatkan cuan pun semakin terbuka lebar.

Jika akun media sosial sudah punya penonton setia, banyak pengunjung dan subscriber, maka berpotensi menarik agen travel wisata. Sehingga para traveler bisa menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan agen wisata tersebut. Bagaimana caranya? Mudah. Buatlah video yang edukatif namun unik, lucu, dan menarik, lalu buat deskripsi dan kata kunci, agar berpeluang besar tampil di mesin pencarian.

4. Buka Jasa Titipan

Para traveler sebelum berangkat, juga dapat menawarkan jasa titipan barang kepada kerabat atau orang lain. Barang yang ditawarkan tentu yang ada di tempat wisata yang dituju seperti aksesoris, makanan khas, dan lain-lain. Contoh traveler ingin pergi ke Bali, maka tawarkan pada orang yang ingin dibelikan aksesoris asli khas Bali.  Memanfaatkan momen tersebut untuk menawarkan jasa penitipan barang, kadang bisa sangat menguntungkan.

Namun demikian, jangan sembarangan mematok harga. Tetapkan harga jual dan harga beli yang tidak terlalu mahal. Biasanya keuntungan yang relevan sekitar 10-30 persen dari harga barang yang dibeli saja agar tidak memberatkan. Dengan melakukan hal ini, berwisata  pun semakin bermakna, karena sambil berbisnis dan membantu orang.

5. Jual Foto Hasil Traveling

Jalan-jalan atau liburan ke suatu daerah yang eksotis rasanya kurang bila tidak diabadikan dalam bentuk foto. Oleh sebab itu potretlah setiap momen saat liburan. Namun, daripada hanya dijadikan kenangan semata, lebih baik dijadikan sumber penghasilan tambahan juga. Caranya, dengan menjual hasil potretnya ke platform jual beli foto.

Untuk melakukannya, saat traveling buatlah foto sebagus mungkin. Semakin keren foto yang dihasilkan tentu peluang mendapatkan cuan dari jual beli foto akan terbuka lebar. Untuk menunjang kualitas fotografi, sebagai dasar belilah peralatan seperti kamera yang canggih  agar hasil maksimal. Selain itu kuasai teknik editing fotonya, agar semakin menyempurnakan hasilnya.

Itulah 5 cara mendapatkan uang dengan traveling. Sebetulnya masih banyak cara lainnya yang bisa digunakan. Namun yang disebutkan di atas merupakan yang termudah. Semua cara yang telah tersebut, tentunya membutuhkan skill seperti menulis, editing video, dagang hingga fotografi. Maka sebab itu, teruslah upgrade skill yang dimiliki agar peluang penghasilan pun meningkat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button