Tokopedia Target GMV Transaksi Rp 222 Triliun Pada Akhir 2019

Bahkan, menurut hasil riset yang dilakukan oleh Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat FEB UI, Tokopedia dianggap telah memberi pengaruh besar terhadap ekonomi 1 min


0

Portal.co.id, Jakarta – Tokopedia sudah berumur 10 tahun pada 2019 ini. Industri teknologi yang mulanya didirikan cuma bagaikan rintisan ini, saat ini sudah turut dan memeratakan ekonomi Indonesia secara digital.

Apalagi, bagi hasil studi yang dicoba oleh Lembaga Penyelidikan Ekonomi serta Warga FEB UI, Tokopedia dikira sudah berikan pengaruh besar terhadap ekonomi Indonesia. Pengaruh ini tercapai lewat kerja sama yang terjalin antara penjual, pembeli, serta mitra bisnis Tokopedia.

Hasil studi memperkirakan pada akhir 2018 capaian transaksi Tokopedia bakal menggapai Rp 58 triliun. Tetapi, bersumber pada capaian transaksi, Tokopedia sanggup mencatatkan nilai transaksi Rp 73 triliun.

Diungkapkan oleh Founder sekalian CEO Tokopedia William Tanuwiyaja, Tokopedia memanglah mempunyai misi buat mendesak pemerataan ekonomi lewat digitalisasi di Indonesia serta menargetkan nilai transaksi Rp 222 triliun pada akhir 2019. Nilai ini setara dengan 1, 5 persen perekonomian Indonesia.

Sedangkan bersumber pada prediksi LPEM FEB UI, pada 2019 nilai transaksi Tokopedia hendak menggapai angka Rp 178 triliun.

William mengatakan, saat ini 6, 4 juta warga Indonesia jadi penjual bermacam produk di Tokopedia dengan jumlah pengguna aktif bulanan menggapai 90 juta.

” Tahun ini Tokopedia menjangkau 97 persen kecamatan di segala Indonesia serta dengan akses internet yang makin menyeluruh, akhir tahun transaksi Tokopedia( ditargetkan) dapat menggapai Rp 222 Triliun. Bila sasaran ini tercapai, Tokopedia dapat berkontribusi dekat 1, 5 persen dari perekonomian Indonesia,” kata William di Jakarta, Kamis( 10/ 10/ 2019).

Baca juga:   Sebelum Balikan Sama Mantan, Tanyakan 7 Hal Ini pada Dirimu Sendiri. Jangan Sampai Salah Langkah Lagi

William berkata, bila sasaran 1, 5 persen dari perekonomian ini tercapai tahun 2019, fokus buat 10 tahun ke depan Tokopedia dapat berkontribusi 5 persen dari perekonomian Indonesia.

Sasaran ini mungkin bisa dicapai bersamaan fokus Tokopedia yang terus memperkenalkan platform yang menghubungkan penjual dengan pembeli serta jalan distribusi yang gampang tanpa jadi pesaing dari mitra penjual.

” Ini akibat ekonomi yang terjalin berkat jutaan orang jadi digital entrepreneur. Kami mempunyai komitmen supaya seluruh warga Indonesia dapat membeli benda serta jasa dengan harga serta sarana yang sama di mana juga mereka terletak,” kata William.

Buka Lapangan Pekerjaan Baru

Tidak hanya menyumbang pada perekonomian nasional, kian banyak pula jumlah penjual di Tokopedia yang ikut menyumbang angkatan kerja Indonesia.

Dari hasil studi LPEM FEB UI disebutkan, pada 2018 Tokopedia sukses menghasilkan 857 ribu lapangan pekerjaan baru, dari penjual di Aceh sampai Papua.

Jumlah ini setara dengan 10, 3 persen dari total lapangan pekerjaan baru buat Indonesia pada tahun 2018. Apalagi, 309 ribu di antara penjual tersebu menjadikan Tokopedia bagaikan sumber pemasukan utama.

William berkata, dari 6, 4 juta penjual Tokopedia dikala ini, 86, 5 persen di antara lain merupakan pengusaha baru serta 94 persennya tercantum dalam jenis ultramikro ataupun omzet di dasar Rp 100 juta per tahun.

" Banyak dari bunda rumah tangga yang jadi pengusaha serta saat ini jadi pekerjaan utama. Terdapat 309 ribu penjual yang menjadikan Tokopedia jadi sumber pemasukan utama," ucap William.

Tidak hanya tingkatkan pemasukan warga Indonesia, William menyebut, Tokopedia turut berfungsi dalam literasi serta iklusi keuangan. Misalnya, 82, 11 persen pengguna saat ini menguasai dompet digital, 78, 6 persen mengerti dengan produk investasi digital, 72 persen menguasai transfer duit lewat bank, serta 70 persen menguasai tabungan.

Baca juga:   4 Fakta soal Kabinet Jilid II Jokowi-Ma'ruf Amin

Like it? Share with your friends!

0
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF