Portal Hewan

Tips Membuat Kucing Kampung Gemuk

Ingin kucing kampung kesayangan mu gemuk dan sehat ?

Apakah kamu punya peliharaan kucing kampung? Ingin belajar bagaimana membuat kucing gemuk dan sehat?

Kucing kampung memang terkadang susah untuk menjadi kelihatan gemuk, itu mungkin dikarenakan mereka tidak memiliki bulu yang tebal dan gondrong seperti halnya kucing ras Persia.  Meskipun mungkin sebenarnya secara timbangan sama beratnya tapi kucing kampung akan terlihat lebih kurus.

Namun jika usia kucing kampung sudah dewasa baru bisa kelihatan gemuk.  Tapi perlu kita ingat kucing kampung gemuk disini maksudnya yang sehat ya bukan obesitas. Karena jika kucing kampung kita mengalami obesitas meskipun terlihat sangat lucu dan menggemaskan tapi itu kurang baik bagi kucing kampung.

Kecuali kucing kampung kesayanganmu kurus dan perlu menambah berat badan, kucing yang sudah sehat tidak boleh didorong oleh pemiliknya untuk menjadi sangat gemuk. Mengapa? Kenaikan berat badan pada kucing biasa dapat menyebabkan banyak penyakit, seperti hipertiroidisme dan diabetes.

Sebelum membahas bagaimana membuat kucing kampung mu gemuk , sebaiknya perlu kita ketahui kapan kucing kampung kita perlu menambah berat badan

Kucing bervariasi dalam semua ukuran dan bentuk yang berbeda. Namun, berat badan mereka tidak hanya ditentukan oleh rasnya, tetapi juga tergantung pada gaya hidup dan pola makan kucing tersebut.

Berat rata-rata untuk kucing dewasa normal harus sekitar 10 pon atau antara 3,5 dan 4,5 kg. Seperti disebutkan, ini mungkin berbeda tergantung pada jenisnya (yaitu Maine Coon dapat mencapai hingga 25 pon dan masih dianggap sehat).

Berikut adalah beberapa cara untuk membantu Anda mengetahui apakah kucing Anda mungkin perlu menambah berat badan atau tidak:

  • Tulang rusuk dan pinggul kucing Anda menonjol secara tidak wajar.
  • Kitty terus-menerus mengeong untuk diberi makan.
  • Apakah lesu dan tidak aktif (karena kekurangan energi).
  • Mantel bulu kucing Anda tidak terawat, kasar, atau kusam.

Jika kucing Anda terlihat kurus, memiliki penampilan yang tidak terawat, sangat malas atau tidak aktif karena kekurangan gizi, atau terus-menerus mengeong untuk mencari makan, kemungkinan kucing Anda perlu menambah berat badan.

Ingat, ini adalah beberapa kondisi yang mengharuskan kita  membuat kucing kampung mu gemuk. Jika tidak dalam beberapa kondisi diatas, lebih baik jangan memaksakan membuat kucing gemuk yang sebenarnya sehat dan aktif, karena akan berpotensi membahayakan nyawa mereka.

Kucing  gemuk mungkin lucu, tentu saja, tetapi kurang lucu ketika mereka menderita diabetes karena kita memberi mereka makan berlebihan agar mereka bisa menjadi lebih gemuk.

Tips dan Cara Membuat Kucing Kampung Gemuk dan Sehat

1 Berikan Pola Makan yang Sehat

Oleh karena itu, jika kucing  kekurangan berat badan dan tidak memiliki bulu yang sehat, kemungkinan besar menambahkan beberapa kilogram melalui pola makan yang sehat  juga akan meningkatkan kesehatan dan kilau bulunya secara keseluruhan.

Anda mungkin terkejut melihat kesehatan keseluruhan kucing Anda (mantel bulu, kuku, gigi, dll.) membaik dengan pola makan yang sehat. Kesehatan kucing Anda dimulai dengan nutrisinya, jadi jangan mengambil jalan pintas untuk menghemat .

Jika Anda memilih makanan murah, kamu mungkin harus membayar lebih banyak untuk tagihan dokter hewan karena kucing mu kemungkinan besar akan lebih sering sakit dan karenanya membutuhkan lebih banyak pemeriksaan dokter hewan.

baca juga : 10 Alasan untuk memelihara kucing

2 Suplemen dengan Minyak Ikan

Selain itu, minyak ikan untuk kucing adalah cara yang bagus untuk memberikan lemak dan omega sehat kepada kucing kampung mu. Minyak ikan banyak digunakan  karena terbukti ampuh dalam hal menambah nafsu dan kilau pada mantel bulu yang kusam dan berantakan.

Cukup berikan minyak ikan kapsul setiap hari atau dicampur dalam makanan basahnya, caranya pun mudah bukan?

Minyak ikan juga tidak mahal dan mudah didapat , jadi ini adalah cara yang sehat dan relatif cepat untuk meningkatkan kesehatan kulit dan bulu kucing kampung mu menjadi cantik dan lucu secara keseluruhan.

3 Sisir Kucing Secara Teratur

Menyisir kucing dapat membantu menghilangkan bulu yang mati dan kusut serta menumbuhkan kembali bulu baru yang sangat lembut saat disentuh. Beberapa kucing secara teratur perlu disisir, sedangkan beberapa tidak. Ini juga cara yang bagus untuk menjalin ikatan dan menghabiskan waktu dengan teman berbulu mu.

4 Berikan Kucing Gaya Hidup yang Aktif

Kucing akan lebih sehat dengan gaya hidup aktif. Kucing malas yang tidak terlibat dalam waktu bermain dengan pemiliknya sering mengalami kebosanan, penurunan berat badan, dan depresi.

Sebaliknya, kucing yang aktif akan membakar lebih banyak energi, sehingga membutuhkan waktu makan yang lebih banyak (lebih banyak bermain = lebih banyak energi yang dibutuhkan = lebih banyak konsumsi makanan).

Memberi kucing gaya hidup yang aktif, melalui mainan atau memanjat pohon, akan meningkatkan kualitas hidup kucing dan membantu kucing mu mempertahankan berat badan yang sehat.

5 Pemeriksaan Dokter Hewan secara Reguler

Adalah hal yang penting untuk selalu meminta dokter hewan kepercayaan mu  memeriksa kucing setidaknya setahun sekali (setelah mereka mencapai usia dewasa). Kebutuhan unik  setiap kucing mungkin memerlukan lebih banyak pemeriksaan rutin daripada itu, tetapi pastikan untuk memastikannya dengan dokter hewan terlebih dahulu.

Memeriksakan kucing secara teratur ke dokter hewan akan membantu kita mendeteksi tanda-tanda awal penyakit, seperti diabetes, hipertiroidisme, malnutrisi, dan sebagainya. Dokter hewan juga akan dapat menjelaskan kepada  persyaratan berat spesifik kucing mu secara lebih detail.

baca juga : Whiskas untuk makanan kucing kampung

Singkatnya, jika ingin membuat kucing kampung gemuk dan sehat juga berbulu indah, ingatlah untuk:

  • Berikan makanan bergizi
  • Suplemen dengan minyak ikan
  • Sisir bulu kucing  secara teratur
  • Berikan mainan dan pohon panjatan kucing untuk menghilangkan kebosanan
  • Periksakan kucing secara teratur ke dokter hewan

Dan itu saja,, Kami harap dapat mengambil manfaat dari tips kami tentang cara membuat kucing kampung gemuk dan sehat. Jika artikel ini membantu, silakan beri komentar dan bagikan dengan teman-teman mu. Terima kasih banyak telah membaca peluk sayang untuk kucing kesayangan mu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button