Portal Berita

Tesla merumahkan 229 pekerja Autopilot, menutup kantor San Mateo

Tesla memberhentikan 229 karyawan anotasi data yang merupakan bagian dari tim Autopilot perusahaan yang lebih besar dan menutup kantor San Mateo, California tempat mereka bekerja, menurut pengajuan peraturan California.

TechCrunch sebelumnya melaporkan bahwa hampir 200 karyawan diberhentikan, menurut sumber yang berbicara dengan TechCrunch dengan syarat anonim. Bloomberg adalah yang pertama melaporkan PHK tersebut, yang sekarang telah dikonfirmasi melalui pemberitahuan Undang-Undang Pemberitahuan Penyesuaian dan Pelatihan Ulang Pekerja. WARN ACT mengharuskan pengusaha yang melakukan PHK massal untuk mengeluarkan pemberitahuan 60 hari bagi pekerja yang terkena dampak.

Kantor San Mateo mempekerjakan 276 pekerja. Sisa 47 karyawan mungkin dikirim untuk bekerja di kantor Tesla’s Buffalo Autopilot, menurut sumber yang mengetahui masalah ini. Sebagian besar pekerja berada dalam pekerjaan dengan keterampilan yang cukup rendah dan berupah rendah, seperti pelabelan data Autopilot, yang melibatkan penentuan apakah algoritme Tesla mengidentifikasi suatu objek dengan baik atau buruk, menurut salah satu sumber.

Sumber tersebut mencatat PHK dari tim ini dikabarkan telah berlangsung selama berbulan-bulan dan bahwa pekerjaan tersebut akan dibebankan ke Buffalo.

PHK adalah bagian dari pengurangan 10% tenaga kerja yang diumumkan CEO Tesla, Elon Musk, pada bulan lalu.

Kegagalan untuk mengeluarkan pemberitahuan WARN telah menyebabkan setidaknya satu gugatan. Pengacara yang mewakili dua mantan karyawan Tesla yang diberhentikan pada pertengahan Juni mengajukan gugatan pada bulan Juni di Pengadilan Distrik A.S. untuk Distrik Barat Texas yang menuduh bahwa perusahaan tidak memberikan pemberitahuan 60 hari sebelumnya yang diwajibkan oleh hukum federal selama putaran PHK baru-baru ini.

Pekan lalu, pengacara penggugat mengajukan mosi darurat yang meminta hakim untuk melarang pembuat kendaraan listrik tersebut memaksa pekerja menandatangani rilis dengan imbalan pesangon yang lebih sedikit daripada yang diberikan oleh hukum federal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button