Stater Pack Travel Bulan Puasa

Bulan Ramadhan tanpa terasa telah berakhir, lalu sudah ada kah rencana untuk libur bersama lebaran 2022 ini ? 

Setelah larangan mudik masa pandemi, selama 2 tahun kita tidak bisa bertemu sanak saudara maupun untuk berwisata. Kebijakan pemerintah yang mengizinkan untuk cuti bersama mudik tahun 2022 ini merupakan kabar yang membahagiakan karena liburan kali ini bersamaan dengan libur sekolah lebaran 2022 dan libur cuti bersama 2022.

Salah satu kegiatan yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi libur bersama adalah travelling. Baik pria maupun wanita pastinya sama-sama menggemari kegiatan travelling atau perjalanan. Ada banyak sekali destinasi wisata yang baru-baru ini diekspos oleh masyarakat lewat media sosial. 

Baca juga : Traveling Bisa Menghasilkan Uang

Agar libur sekolah lebaran 2022 ini lebih menyenangkan jangan lupa siapkan starterpack wajib untuk traveling. Sehingga liburan tidak mengalami hambatan karena adanya persiapan yang maksimal. Berikut inilah starterpack yang harus dibawa tersebut:

1. Backpack dan Travel Bag Organizer

Agar semua barang penting tidak tercecer, maka harus siapkan backpack ringan yang bisa dibawa kemana saja. Backpack ini juga akan menjadi tempat untuk menyimpan segala keperluan yang seringkali harus diakses dengan cepat.

travelling Backpack
Freepik

Misalkan saja seperti jaket tipis, obat-obatan, kaos cadang, tisu, powerbank, pouch make up, dan barang-barang penting lainnya. Kemudian juga jangan lupa untuk selalu membawa dokumen penting seperti BPJS, KTP, kartu asuransi, dan lainnya. Tujuannya agar bisa lebih waspada terhadap hal yang terjadi saat perjalanan nanti.

Namun untuk perlengkapan lainnya, seperti baju ataupun sepatu bisa disimpan ke dalam travel bag organizer. Tas ini akan muat barang lebih banyak sebab ukurannya yang jauh lebih besar dibandingkan backpack. Jika tidak memiliki travel bag, maka bisa juga menggunakan koper kecil yang juga bisa memuat banyak barang.

Akan tetapi, travel bag organizer memang lebih disarankan karena tentunya akan memudahkan seseorang saat ingin melancong ke destinasi wisata favoritnya. Apalagi jika sedang berburu-buru pastinya akan butuh waktu yang lama saat mencari barang. Sehingga tidak akan ribet dan sangat praktis sekali.

2. Quick Dry Towel

Starterpack wajib untuk traveling lainnya yang harus dimasukkan ke dalam travel bag adalah handuk. Sebaiknya memilih jenis handuk yang memiliki sifat lebih cepat kering. Sehingga tidak akan menimbulkan kuman, dan setelah dipakai dapat langsung dimasukkan ke dalam tas.

Biasanya handuk ini sengaja dibuat dari microfiber yang mempunya daya serap dan proses pengeringan lebih cepat. Handuk ini sangat cocok untuk orang yang bepergian untuk berburu foto atau lazimnya disebut photography trip.

Namun handuk cepat kering ini memiliki ukuran yang sangat mini sehingga hanya bisa dimanfaatkan untuk mengelap keringat saja. Sementara untuk mandi bisa gunakan ukuran handuk yang lebih besar. Akan tetapi disarankan untuk membawa handuk yang tidak terlalu tebal agar tidak memenuhi kapasitas penyimpanan barang.

3. Universal Adapter

Ini merupakan benda yang sangat penting, apalagi jika sedang travelling ke luar negeri. Universal adapter ini harus dipastikan ada di dalam tas. Sebab tidak semua negara memiliki colokan yang sama dengan Indonesia.

Untuk memudahkan para pelancong, kini juga sudah tersedia universal adapter yang modelnya sangat praktis digunakan. Di mana telah didesain dalam satu adapter. Sehingga nanti tidak akan repot jika kehabisan baterai.

4. Paket Kuota Internet Cadangan

Hal yang tidak kalah penting tentunya kuota internet. Jika pergi ke tempat terpencil biasanya jaringan yang digunakan tidak selalu tersedia di tempat tersebut. Sehingga perlu membawa cadangan paket kuota internet agar bisa selalu terkoneksi setiap saat.

Selain itu kuota internet tentunya juga akan berguna, apalagi jika saat tersesat. Pengguna pastinya akan kesulitan mencari arah jalan yang benar, sebab Google Map tidak bisa diakses tanpa adanya sinyal. Sehingga ini bisa sekaligus menjadi langkah preventif atas hal-hal yang tidak dikehendaki tersebut.

5. Powerbank

Partner dari kuota internet yang harus dibawa adalah powerbank. Apa jadinya jika paket kuota internet banyak namun baterai smartphone kehabisan daya. Sebab di semua tempat destinasi wisata pastinya akan sulit mencari tempat untuk mengisi daya smartphone.

Saat jalan menuju destinasi pastinya akan selalu mengakses aplikasi Google Map, sehingga akan mengurangi daya. Apalagi jika belum pernah ke tempat tersebut. Belum, untuk penggiat media social, yang tentunya akan merasa sangat hampa ketika travelling tidak mengupdate status apapun. Baik di story Instagram, Facebook, Twitter, ataupun media lainnya.

Namun demikian tetaplah ingat, pilih powerbank yang memiliki kapasitas daya cukup besar agar baterainya juga tahan lebih lama. Selain itu, juga direkomendasikan untuk memilih powerbank yang support dua kabel USB sekaligus. Sehingga bisa berbagi juga dengan teman lainnya.

6. Earphone

Saat di perjalanan pastinya akan sangat membosankan karena tidak melakukan apa-apa. Meskipun kadang juga bercanda tawa dengan teman-teman. Namun tentunya tidak di sepanjang perjalanan.

Untuk mengatasi rasa bosan tersebut, maka wajib membawa earphone sebagai starterpack wajib untuk traveling agar bisa memutar playlist favorit. Tips ini, juga bisa menghindarkan seseorang dari mabuk perjalanan. Sebaiknya cari yang sifatnya wireless sehingga tidak akan repot jika tersangkut kabel.

7. Aksesoris

Berbagai aksesoris juga termasuk starterpack wajib untuk traveling. Misalnya aksesoris yang bisa digunakan seperti kacamata, topi, ataupun kain etnik. Tentunya tampilan juga akan lebih menarik apalagi saat shoot foto. Bawalah aksesoris yang memang sesuai dengan penampilan saat itu.

Untuk yang ingin bepergian ke tempat wisata yang berbukit-bukit atau curug maka kain etnik adalah pilihan yang sangat direkomendasikan. Selain itu jangan lupa untuk membawa jaket modis yang dasarnya tipis namun bisa menahan terpaan angin ataupun hujan. Sebagai tips tambahannya, baiknya aksesoris langsung saja dikenakan pada hari tersebut. Sehingga juga tidak perlu membawa terlalu banyak. Sebab hanya akan memenuhi kapasitas travel bag saja.

8. Obat-obatan Pribadi

Ini sangat penting disiapkan sebagai starterpack wajib untuk traveling, khususnya bagi yang memiliki riwayat penyakit tertentu. Meskipun travelling ke wisata luar maupun dalam negeri, obat-obatan pribadi harus dibawa agar tidak memperparah penyakit. Pastinya akan sangat menyebalkan jika tiba-tiba penyakit kambuh saat travelling, bukan?

Selain itu, jangan ketinggalan obat-obatan umum seperti obat sakit kepala, mabuk perjalanan, flu, demam dan sakit perut. Bagi yang travelling bersama anak-anak maka minyak kayu putih atau essential oil lainnya juga wajib dibawa, sebagai antisipasi jika anak tidak mau minum obat.

9. Uang Tunai

Jika jalan-jalan ke kota tentu tidak akan sulit menemukan ATM atau tempat penarikan uang lainnya. Namun jika sudah masuk ke daerah-daerah terpencil yang aksesnya masih kurang, maka harus selalu siap sedia uang tunai. Terlebih jika bepergian ke luar negeri, maka agar tidak repot, harus sedia uang tunai negara tersebut. Pelancong bisa menukarnya di money changer yang ada di bandara saat kedatangan atau bisa meminta tour guide untuk membantu.

10. Cemilan

Pilihlah cemilan ringan yang bisa menambah tenaga dan juga menyehatkan. Selain itu, bisa tambahkan buah-buahan misalkan seperti pisang yang akan mengenyangkan perut lebih lama. Sehingga tidak akan cepat lapar, apalagi jika perjalanan yang ditempuh harus dengan berjalan kaki.

Cemilan
Freepik

Membeli cemilan sebelum bepergian juga bisa menghemat pengeluaran selama perjalanan. Sebab belum tentu harganya sama dan jika sudah masuk tempat terpencil  yang biasanya makanan dijual dengan harga yang lebih tinggi daripada biasanya.Tidak hanya itu, membeli sebelum berangkat juga bisa menghemat waktu selama perjalanan agar tidak perlu singgah-singgah ke warung, apalagi jika antri.

starter pack untuk travelling - masker
Freepik

11. Masker dan cadangan

Masker menjadi barang bawaan wajib selama masa pandemi dan PPKM tidak terkecuali untuk masa liburan kali ini . Tidak hanya untuk menyelamatkan dari virus yang berseliweran tapi dibeberapa daerah masker menjadi salah satu syarat untuk bisa memasuki kawasan wisata tertentu bahkan jika wisatawan kedapatan tidak menggunakan masker bisa di denda lho, sayang kan.

Itulah starterpack wajib untuk traveling yang perlu disiapkan sebelum bepergian ke manapun baik ke luar negeri maupun dalam negeri. Sehingga pengalaman liburan yang sangat menyenangkan bisa didapatkan. Tentunya juga harus didukung dengan persiapanan dan perencenaan yang matang agar semuanya lancar!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button