SEO Tingkat Mahir: Cara Meningkatkan SEO Dalam Waktu Kurang 30 Menit

Home - Search Engine Optimization - SEO Tingkat Mahir: Cara Meningkatkan SEO Dalam Waktu Kurang 30 Menit

Saya telah menganalisa dan menguji cara SEO ini dan berhasil, tidak peduli website Anda masih baru atau sudah lama.

Anda hampir tidak perlu SEO off-page atau sedikit backlink untuk mencoba tips SEO dalam optimasi Google Search Snippets. Tidak perlu menunggu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk melihat dari hasil dari teknik SEO ini.

Anda benar-benar akan mengetahui hasilnya dalam waktu kurang dari 30 menit

Tim Neil Patel telah mengindex 10.000 website untuk melihat berapa banyak orang yang menggunakan teknik SEO google search snippet, dan ternyata masih sedikit orang yang tau akan hal ini, dengan kata lain banyak pesaing Anda yang belum mengetahui cara SEO ini.

Jadi apa rahasia dari cara hack SEO ini?

Google selalu mengubah hasil dari pencariannya

Google tidak hanya mengubah algoritmanya secara teratur, tetapi mereka juga menguji elemen dari desain terbaru.

Misalnya, jika Anda mencari “makanan enak dekat sini”, Anda tidak hanya akan melihat daftar restoran tetapi Anda juga melihat ulasan dengan peringkatnya.

Hasil Pencarian Google Search Place Snippet

Coba Anda mencari seseorang, Google dapat menunjukkan kepada Anda gambar orang itu dan gambaran umum.

Hasil Pencarian Google Search People Snippet

Selama bertahun-tahun, Google telah mengadaptasi hasil pencariannya untuk memberi Anda pengalaman terbaik.

Misalnya, jika Anda mencari “3 + 3” Google akan menunjukkan kepada Anda jawaban “6” dan menampilkan kalkulator sehingga Anda tidak perlu mengklik dan menuju ke halaman web lain.

Google Calculator

Sekarang Anda sudah tahu dan setiap hari menggunakan Google sebagai asisten Anda.

Rahasia dari teknik SEO ini adalah mengoptimalkan kode Schema atau Search Snippets untuk FAQ (frequently asked questions) atau pertanyaan yang sering ditanyakan dan Tanya Jawab.

Teknik SEO ini adalah resep ampuh, coba Anda cari ‘google search snippets’, ada yang berbeda dari hasil pencarian tersebut yang menampilkan daftar pertanyaan dan jawaban yang ada pada halaman itu.

Google Search Snippet FAQ

Seperti yang Anda lihat pada gambar diatas, Google menampilkan konten yang mempunyai daftar pertanyaan dan jawaban dan tanya jawab.

Bagaimana Anda dapat melakukan teknik SEO ini?

Schema atau Markup yang Tepat

Pertama, sebelum kita mulai dengan situs Anda, Anda harus memilih markup skema yang tepat. Jika website Anda menggunakan WordPress ada banyak Plugin yang bisa Anda gunakan.

Contoh Plugin Wordpres Schema :
Schema & Structured Data for WP & AMP

Di dalam teknik SEO ini saya akan mengubah kode secara langsung pada halaman FAQ tersebut, jika Anda sudah terbiasa dengan kode HTML akan lebih mudah mem-praktekannya.

Skema pada halaman FAQ digunakan ketika Anda menampilkan halaman Pertanyaan yang sering diajukan atau memiliki halaman produk yang berisi pertanyaan umum tentang produk itu sendiri.

Ini akan memungkinkan Anda memenuhi syarat untuk menampilkan menu yang dapat dilipat di bawah SERP (hasil pencarian) Anda dengan pertanyaan, yang ketika diklik, menampilkan jawabannya.

Google Search Snippet FAQ

Markup atau skema FAQ juga akan ditampilan di Google Assistant, ini berpotensi membantu Anda mendapatkan pengguna yang menggunakan pencarian suara untuk menemukan jawaban!

Cek disini untuk melihat cara optimasi skema FAQ yang direkomendasikan oleh Google : FAQ Google Assistant

Skema Tanya & Jawab digunakan ketika orang memberikan berbagai jenis jawaban dari pertanyaan yang relevan dan tepat dan dapat memilih mana yang merupakan jawaban terbaik.

Setelah Anda memahami untuk apa itu digunakan, Google memiliki pedoman tambahan tentang kapan Anda bisa dan tidak bisa menggunakan skema ini.

Pedoman Google

Google memiliki daftar pedoman skema FAQ.

Gunakan hanya FAQ jika halaman Anda memiliki daftar pertanyaan dengan jawaban. Jika halaman Anda memiliki satu pertanyaan dan pengguna dapat mengirimkan jawaban alternatif, gunakan Tanya&Jawab sebagai gantinya. Berikut ini beberapa contohnya:

Penggunaan yang valid:

  • Halaman FAQ ditulis oleh situs itu sendiri tanpa ada cara bagi pengguna untuk mengirimkan jawaban alternatif
  • Halaman dukungan produk yang mencantumkan FAQ dengan mengijinkan pengguna untuk mengirimkan jawaban alternatif

Penggunaan yang tidak valid:

  • Forum diskusi tempat pengguna dapat mengirimkan jawaban untuk satu pertanyaan
  • Halaman dukungan produk tempat pengguna dapat mengirimkan jawaban untuk satu pertanyaan
  • Halaman produk tempat pengguna dapat mengirimkan beberapa pertanyaan dan jawaban pada satu halaman
  • Jangan gunakan Halaman FAQ untuk tujuan periklanan
  • Pastikan setiap Pertanyaan menyertakan seluruh teks pertanyaan dan pastikan setiap jawaban menyertakan seluruh teks jawaban. Seluruh teks pertanyaan dan teks jawaban dapat ditampilkan.
  • Konten tanya jawab tidak boleh ditampilkan sebagai hasil yang kata jika berisi salah satu dari jenis konten berikut: cabul, tidak senonoh, eksplisit secara seksual, kekerasan grafis, promosi kegiatan berbahaya atau ilegal, atau bahasa yang penuh kebencian atau pelecehan.
  • Semua konten FAQ harus dapat dilihat oleh pengguna di halaman sumber.

Dan inilah pedoman untuk skema tanya jawab:

Gunakan hanya markup halaman Tanya Jawab jika halaman Anda memiliki informasi dalam format pertanyaan dan jawaban, yang merupakan satu pertanyaan diikuti dengan jawabannya.

Pengguna harus dapat mengirimkan jawaban atas pertanyaan. Jangan gunakan markup Tanya Jawab untuk konten yang hanya memiliki satu jawaban untuk pertanyaan yang diberikan tanpa cara bagi pengguna untuk menambahkan jawaban alternatif; sebagai gantinya, gunakan halaman FAQ. Berikut ini beberapa contohnya:

Penggunaan yang valid:

  • Forum diskusi tempat pengguna dapat mengirimkan jawaban untuk satu pertanyaan
  • Halaman dukungan produk tempat pengguna dapat mengirimkan jawaban untuk satu pertanyaan

Penggunaan yang tidak valid:

  • Halaman FAQ ditulis oleh situs itu sendiri tanpa ada tambahan dari pengguna untuk mengirimkan jawaban alternatif
  • Halaman produk tempat pengguna dapat mengirimkan beberapa pertanyaan dan jawaban pada satu halaman
  • Panduan cara untuk menjawab pertanyaan
  • Posting blog yang menjawab pertanyaan
  • Esai yang menjawab pertanyaan
  • Jangan menerapkan skema Tanya Jawab ke semua halaman di situs atau forum jika tidak semua konten memenuhi syarat. Misalnya, forum mungkin memiliki banyak pertanyaan yang diposting, yang secara individual memenuhi syarat untuk markup. Namun, jika forum juga memiliki halaman yang bukan pertanyaan, halaman tersebut tidak memenuhi syarat.
  • Jangan gunakan skema Tanya Jawab untuk halaman FAQ atau halaman di mana ada beberapa pertanyaan per halaman. Skema tanya jawab adalah untuk halaman di mana fokus halaman adalah satu pertanyaan dan jawabannya.
  • Jangan gunakan Skema tanya jawab untuk tujuan iklan.
  • Pastikan setiap Pertanyaan termasuk seluruh teks pertanyaan dan pastikan setiap Jawaban mencakup seluruh teks jawaban.
  • Skema jawaban adalah untuk jawaban atas pertanyaan, bukan untuk komentar pada pertanyaan atau komentar pada jawaban lain. Jangan tandai komentar non-jawaban sebagai jawaban.

Jika konten Anda memenuhi pedoman ini, langkah selanjutnya adalah mencari tahu bagaimana menerapkan skema ke situs web Anda dan jenis skema yang digunakan.

Bagaimana cara menerapkan Skema dan mana yang harus digunakan?

Ada dua cara untuk mengimplementasikannya baik melalui JSON atau Microdata.

Saya sarankan memilih satu cara dan tetap menggunakannya di seluruh halaman web Anda, dan saya juga merekomendasikan untuk tidak menggunakan kedua jenis pada halaman yang sama.

JSON-LD adalah apa yang Google rekomendasikan sedapat mungkin Google telah proses untuk menambahkan dukungan pada fitur yang didukung oleh markup. JSON-LD dapat diimplementasikan ke dalam judul konten Anda dan dapat diterapkan dengan cepat.

Opsi lainnya adalah Microdata, yang melibatkan elemen pengkodean ke situs web Anda. Saya lebih suka cara ini. Di bawah ini adalah contoh cara kode masing-masing.

Skema Halaman FAQ JSON-LD:

<html>

<head>

<title>Digital Marketing Frequently Asked Questions (FAQ) – Neil Patel</title>

</head>

<body>

<script type=”application/ld+json”>

{

“@context”: “https://schema.org”,

“@type”: “FAQPage”,

“mainEntity”: [

{

“@type”: “Question”,

“name”: “What is digital marketing?”,

“acceptedAnswer”: {

“@type”: “Answer”,

“text”:”Digital marketing is any form of marketing products or services that involves electronic device”}

}]

}

</script>

</body>

</html>

Skema Halaman FAQ Microdata:

<html itemscope itemtype=”https://schema.org/FAQPage”>

<head>

<title>Digital Marketing Frequently Asked Questions (FAQ) – Neil Patel</title>

</head>

<body>

<div itemscope itemprop=”mainEntity” itemtype=”https://schema.org/Question”>

<h3 itemprop=”name”>What is digital marketing?</h3>

<div itemscope itemprop=”acceptedAnswer” itemtype=”https://schema.org/Answer”>

<div itemprop=”text”>

<p>Digital marketing is any form of marketing products or services that involves electronic device.</p>

</div>

</div>

</div>

</body>

</html>

Skema Tanya&Jawab JSON-LD:

{

“@context”: “https://schema.org”,

“@type”: “QAPage”,

“mainEntity”: {

“@type”: “Question”,

“name”: “Can I tie my shoe with one hand?”,

“text”: “I currently have taken a hobby to do many actions with one hand and I’m currently stuck on how to tie a shoe with one hand. Is it possible to tie my shoe with one hand?”,

“answerCount”: 2,

“upvoteCount”: 20,

“dateCreated”: “2019-07-23T21:11Z”,

“author”: {

“@type”: “Person”,

“name”: “Expert at Shoes”

},

“acceptedAnswer”: {

“@type”: “Answer”,

“text”: “It is possible to tie your shoe with one hand by using your teeth to hold the other lace”,

“dateCreated”: “2019-11-02T21:11Z”,

“upvoteCount”: 9000,

“url”: “https://example.com/question1#acceptedAnswer”,

“author”: {

“@type”: “Person”,

“name”: “AnotherShoeMan”

}

},

“suggestedAnswer”: [

{

“@type”: “Answer”,

“text”: “It is not possible to tie your shoe with one hand”,

“dateCreated”: “2019-11-02T21:11Z”,

“upvoteCount”: 2,

“url”: “https://example.com/question1#suggestedAnswer1”,

“author”: {

“@type”: “Person”,

“name”: “Best Shoe Man”

}

}

]

}

}

Skema halaman Tanya & Jawab Microdata:

<div itemprop=”mainEntity” itemscope itemtype=”https://schema.org/Question”>

<h2 itemprop=”name”>Can I tie my shoe with one hand?</h2>

<div itemprop=”upvoteCount”>20</div>

<div itemprop=”text”>I currently have taken a hobby to do many actions with one hand and I’m currently stuck on how to tie a shoe with one hand. Is it possible to tie my shoe with one hand?</div>

<div>asked <time itemprop=”dateCreated” datetime=”2019-07-23T21:11Z”>July 23’19 at 21:11</time></div>

<div itemprop=”author” itemscope itemtype=”https://schema.org/Person”><span

itemprop=”name”>Expert at Shoes</span></div>

<div>

<div><span itemprop=”answerCount”>2</span> answers</div>

<div><span itemprop=”upvoteCount”>20</span> votes</div>

<div itemprop=”acceptedAnswer” itemscope itemtype=”https://schema.org/Answer”>

<div itemprop=”upvoteCount”>9000</div>

<div itemprop=”text”>

It is possible to tie your shoe with one hand by using your teeth to hold the other lace.

</div>

<a itemprop=”url” href=”https://example.com/question1#acceptedAnswer”>Answer Link</a>

<div>answered <time itemprop=”dateCreated” datetime=”2019-11-02T22:01Z”>Nov 2 ’19 at 22:01</time></div>

<div itemprop=”author” itemscope itemtype=”https://schema.org/Person”><span itemprop=”name”>AnotherShoeMan</span></div>

</div>

<div itemprop=”suggestedAnswer” itemscope itemtype=”https://schema.org/Answer”>

<div itemprop=”upvoteCount”>2</div>

<div itemprop=”text”>

It is not possible to tie your shoe with one hand

</div>

<a itemprop=”url” href=”https://example.com/question1#suggestedAnswer1″>Answer Link</a>

<div>answered <time itemprop=”dateCreated”datetime=”2019-11-02T21:11Z”>Nov 2 ’19 at 21:11</time></div>

<div itemprop=”author” itemscope itemtype=”https://schema.org/Person”><span

itemprop=”name”>Best Shoe Man</span></div>

</div>

</div>

</div>

Ketika Anda menerapkannya kode diatas di situs web Anda, jangan ragu dan gunakan saja template di atas dan modifikasi sesuai konten Anda.

Jika Anda tidak yakin apakah kode Anda diterapkan dengan benar atau tidak, gunakan testing skema di :  Google’s Structured Data Testing Tool  Anda dapat menambahkan potongan kode di halaman Anda menerapkan skema dan itu akan memberi tahu Anda apakah skema yang Anda buat benar atau salah.

Plus itu akan memberi Anda umpan balik jika ada kesalahan atau masalah dengan kode Anda.

Google’s Structured Data Testing Tool
Google’s Structured Data Testing Tool

Anda juga dapat mencoba Google’s Rich Result Tester. Tool ini akan memberi Anda pandangan singkat tentang bagaimana data terstruktur Anda akan terlihat seperti dalam hasil.

Google’s Rich Result Tester
Google’s Rich Result Tester

Mendapatkan hasil dalam waktu kurang dari 30 menit

Setelah Anda membuat perubahan pada halaman mana pun yang menurut Anda cocok, Anda masuk ke Google Search Console dan memasukkan URL halaman yang Anda modifikasi di pencarian teratas.

Anda kemudian ingin Google mengindex halaman tersebut sehingga Google dapat mengindeks hasilnya. Yang harus Anda lakukan adalah klik “request indexing”.

request indexing goggle search console

Dan biasanya dalam 10 menit, Anda akan melihatnya perubahan ketika Anda melakukan pencarian di Google Anda akan melihat halaman Anda yang sudah diperbarui.

Kunci untuk membuat pekerjaan ini berhasil adalah dengan melakukan teknik SEO dengan halaman dan istilah yang sudah peringkat di halaman 1.

Apakah Skema akan membuat saya mendapat peringkat untuk pencarian Orang dan Menampilkan Cuplikan?

Akankah ini membantu Orang untuk menampilkan cuplikan? Sejauh ini, belum ada korelasi antara markup skema dan pencarian orang atau fitur skema/Featured Snippets dan Anda tidak perlu ditampilkan di dalamnya.

Mengoptimalkan konten Anda untuk ini tidak akan merugikan Anda dan berpotensi dapat meningkatkan peluang Anda untuk berada di halaman 1 Google.

Google telah menguji bagaimana mereka dapat menunjukkan jenis-jenis Tanya&Jawab, FAQ, dan bagaimana ini dan melihat data terstruktur untuk membantu mereka.

Lebih baik dan lebih awal Anda ikut dalam permainan dan membantu Google memahami halaman Anda, serta berpartisipasi dalam salah satu eksperimen Google.

Kesimpulan

Teknik SEO sederhana ini berpotensi meningkatkan visibilitas merek Anda dan membantu meningkatkan otoritas situs web Anda. Ini adalah solusi sederhana yang hanya membutuhkan satu hari untuk diterapkan di seluruh halaman pertanyaan, produk, atau halaman FAQ Anda.

Saya sudah sering menggunakannya selama seminggu terakhir dan selama saya memilih kata kunci yang sudah saya rangking di halaman 1, saya melihat hasil yang bagus.

Dan seperti yang saya sebutkan di atas, ketika tim Neil Patel menganalisis 10.000 situs, kami hanya menemukan 17 menggunakan skema FAQ dan skema Tanya&Jawab. Dengan kata lain, kurang dari 1% dari situs menggunakan teknik ini, yang berarti jika Anda mengambil keuntungan sekarang, Anda akan memiliki rangking di atas pesaing Anda.

Jadi apa pendapat Anda tentang teknik SEO ini? Apakah Anda telah menggunakannya?

Tutorial SEO ini disadur dari artikel aslinya di blog om Neil Patel >> Advanced SEO: FAQ Schema

How to Improve Your SEO in Less Than 30 Minutes

Leave A Comment