Portal HiburanPortal Lokal

Hantu Suster Gepeng dan Penampakannya Nyata!

Hantu suster gepeng merupakan sebuah cerita yang memiliki banyak versi berkenan alur, tempat, tokoh, dan waktu dari asal usul cerita misteri tersebut. Yang inti dari cerita mistis suster penyet atau lebih sering disebut sebagai hantu suster gepeng ini menceritakan kisah horor dalam sebuah rumah sakit di Surabaya.

Kisah Pertama Kali Hantu Suster Gepeng Muncul

Yang pertama kisah hantu suster penyet atau suster gepeng ini bermula pada sebuah ruma sakit di daerah Surabaya yang bernama RS Dr. Soetomo. Karena bersadarkan cerita dari para pasien atau pengawai dirumah sakit tersebut sering menjumpai hal diluar nalar pada saat malam hari.

Seperti yang dialami oleh salah satu pasien di rumah sakit dr. soetomo pada saat malam hari mengaku, pernah dijumpai atau dijenguk oleh seorang suster yang konon katanya bernama Maria. Akan tetapi, hal tersebut dibantah oleh pengawai disana bahwa tidak ada suster atau pegawai wanita yang memiliki nama Maria.

Hingga sebuah kebenaran terungkap, bahwa sosok suter yang bernama Maria tersebut adalah sebuah mahkluk tak kasat mata yang sering muncul dirumah sakit itu dan begitu terkenal. Para warga sekitar menyebutnya dengan hantu suster gepeng, karena memiliki wajah gepeng dan hancur. Seluruh badannya dipenuhi dengan darah dan hal yang mengerikan lagi di bagian wajahnya mata sosok tersebut hampir copot.

Asal Usul Hantu Suster Gepeng

Asal usul munculnya suster gepeng ini dimulai ketika pada saat itu ada seorang suter yang ramah nan baik hati bernama Maria. Ketika masih hidup ia sangat peduli dan sering memperhatikan pasiennya yang sedang dirawat dirumah sakit tersebut.

Hingga suatu saat, ketika suster Maria akan menggunakan lift rumah sakit untuk naik ke lantai atas. Pada saat itu ia sedang terburu-buru dan kondisi lift pintunya sudah mulai menutup. Karena sudah terburu-burunya suter Maria, ia malah terjepit kepalanya pada pintu lift hingga meninggal, yang lebih parah lagi wajahnya gepeng dan hampir hancur.

Mulai sejak itu suster Maria terus bergentayangan dalam bentuk hantu suster gepeng ini. Walaupun kerap disebutkan memperlihatkan sosok dirinya ke pasien di waktu malam hari. Banyak pasien yang sudah mengalami bertemu dengan sosok suster Maria. Seperti hanya menghampiri dan bertanya keadaan pasien dan langsung lenyap secara misteri entah kemana keberadaanya.

Ada sebuah cerita dari salah satunya pasien rumah sakit saat rawat inap di rumah sakit itu. Saat jalan-jalan dilorong saat malam hari. Ia dengar suara lift yang turun, walau sebenarnya jelas sudah tercatat jika lift waktu itu sedang dalam masa perbaikan. Ia juga segera kembali lagi ke kamar inapnya saat dengar suara langkah kaki yang entahlah berasal dari arah yang tidak tahu keberadaanya.

Di kamar ia menutupi semua tubuhnya dengan selimut karena ketakutan, tetapi rupanya itu ialah seorang suster yang tiba untuk bertanya keadaannya, pada akhirnya ia dapat sedikit lega dan ketakutannya sedikit berkurang.

Esok paginya, suster lain tiba untuk kembali memeriksa keadaannya. Ia ngomong tak perlu karena semalam telah ada yang tiba memeriksanya. Awalannya suster itu kaget tetapi menjawab dengan rileks “oh jadi Maria tempo hari telah ke sini” Sesudah itulah sadar jika suster maria sebetulnya ialah roh ingin tahu yang wafat karena kecelakaan lift pada waktu sebelum pasien-pasien mulai dirawat di rumah sakit tersebut.

Cerita versi lain juga beredar di media sosial atau platform internet lainnya mengenai asal usul hantu suster gepeng seperti pada cerita yang popular di daerah Surabaya. Kisah mistsis ini telah ditulis pada sebuah buku dengan jumlah satu bab buku Soerabaia Tempo Doeloe, karya Dukur Imam Widodo (2002).

Penampakan Hantu Suster Gepeng

Cerita tentang asal usul hantu suster gepeng terjadi pada sebuah rumah sakit di daerah Surabaya yaitu rumah sakit Simpang, atau Centrale Burgerlijke Ziekeninrichting (CBZ), yang letaknya dulu berada pada Jalan Simpag dan sekarang diganti nama menjadi jalan Pemuda. Dan rumah sakit tersebut sekarang ini sudah menjadi lokasi perbelanjaan.

Menurut buku Soerabaia Tempo Doeloe, beberapa orang atau pasien yang pernah menginap di rumah sakit tersebut sering menjumpai sosok suster gepeng pada lokasi-lokasi seperti :

1. Akan muncul ketika ada yang bertanya ruangan

Sosok atau jilmaan dari hantu suster gepeng akan muncul ketika ada tamu yang akan menjenguk pasien atau saudaranya yang sedang sakit. Pada saat itulah beberapa dari tamu akan bertemu dengan suster dan menyuruh untuk masuk dalam lorong di rumah sakit itu, yang ternyata malah disasarkan ke kamar jenazah.

Atau ketika sudah tahu mengenai daerah atau denah rumah sakit, akan tetapi tidak tahu tentang nomor kamar. Sejumlah tamu pasien akan bertemu dengan sosok suster gepeng, dan ketika bertemu dengan suster tersebut ia tidak akan mengangkat kepalanya. Hal ini bisa jadi karena kepala dari suster tersebut yang gepeng dan hamir hancur, selain tidak mengangkat kepalanya suster itu akan menunjukkan lokasi tempat tamu pasien bertanya dengan benar.

2. Menampakkan dengan wajah yang cantik

Seperti cerita yang sudah ada dalam buku Soerabaia Tempo Doeloe, ketika seorang pria yang mendengan suara sapaan dari suster cantik dan rupawan.

“Ada apakah mas? Ada apakah mas?” bertanya suara itu merdu.

Pria itu selanjutnya menyudahi jalannya.

Rupanya yang menanyakan ialah seorang suster yang elok.

Ia juga menjawab, barusan dianya berjumpa dengan seorang suster yang wajahnya rata.

“Apa mukanya serupa semacam ini?” bertanya suster wanita itu.

Mendadak saja ajah suster itu beralih menjadi gepeng, dan menakutkan.

Pria itu juga tidak sadarkan diri saat itu juga.

3. Muncul dengan membeli soto

Cerita lainnya yang juga berasal dari buku Soerabaia Tempo Doeloe,ialah mengenai tukang soto yang sedang berjualan di sekitar rumag sakit tersebut. Saat itu penjual soto sedang memikul daganganya dan seketika berhenti karena ada yang memanggilnya dan ternyata itu adalah seorang suster rumah sakit yang akan membeli soto.

Hal yang aneh mulai terjadi ketika suster yang  sedang memakan sosoto dan dudk pada sebuah kursi yang disediakan penjual. Suster itu makan soto yang sangat banyak hingga bermangkuk-mangkuk, hal itu membuat penjual soto merasa curiga karena tidak mungkin seorang wanita dapat memakan soto yang sangat banyak sekaligus.

Sampai setelah itu suster menampakkan wajahnya yang gepeng dan hancur, lantas penjual itu langsung kaget dan lari sekencang mungkin sampai lupa membawa dagangannya.

Namun hal menarik usai cerita penjual soto kejadian tersebut, menurut cerita yang beredar setelah peristiwa penjual soto memberi makan suster gepeng, jualannya malah menjadi laris manis dan selalu habis sebelum tengah malam.

Itulah beberapa cerita mengenai hantu suster gepeng yang sebenarnya belum terkonfirmasi kebenarannya, karena hal tersebut hanyalah sebuah cerita msitis atau bisa jadi hanya karangan untuk keperluan media semata.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button