Portal Teknologi

Daftar Mesin Pencari Selain Google

Apa keunikan mesin pencari selain Google?

Apakah kamu tahu bahwa ada mesin pencarian selain Google? Benarkah?
Apakah kita perlu menggunakan mesin pencarian selain Google?

Hahaha, pertanyaan diatas tampak sedikit lucu, tapi pada kenyataannya banyak diantara pengguna smartphone yang menganggap bahwa Google lah satu – satunya mesin pencari. Memang Google merupakan mesin pencari paling favorit dan paling banyak di gunakan di Indonesia bahkan di dunia, namun ternyata ada berbagai mesin pencari lainnya juga lho.

Hal yang menyebabkan banyak orang lebih terbiasa menggunakan Google sebagai mesin pencari adalah dikarenakan Google merupakan mesin pencari bawaan atau yang sudah otomatis disematkan di perangkat Android.

Menurut data dari gs.statcounter.com pengguna Android di Indonesia mencapai 91,24 %, jika dikalikan dengan jumlah penguna Telpon Seluler di Indonesia yang berjumlah 370,1 juta maka pengguna Google adalah sebanyak 337,7 juta. What? Tunggu dulu, bukankan penduduk Indonesia hingga bulan Januari 2022 hanya berjumlah 277,7 juta jiwa?

Ya, data yang anda baca diatas tidak salah. Jumalah pengguna telpon seluler di Indonesia memang lebih besar dari jumlah penduduknya sendiri. Tidak percaya? Silahkan cek teman disekitar kamu, pasti ada yang memiliki lebih dari satu smartphone, atau mungkin kamu sendiri yang memiliki lebih dari satu smartphone, satu untuk bisnis satu untuk keperluan pribadi atau untuk keperluan yang lain hehehe.

Baca juga : WhatsApp anda hilang, Jangan panik!

Related Articles

Berbagai alasan orang menggunakan mesin pencari selain Google, diantaranya untuk mensubmit website kamu agar terdaftar diberbagai mesin pencari. Ada juga mesin pencari tertentu yang hanya digunakan oleh negara atau kawasan tertentu saja seperti Yandex dan Baidu.

Nah, berikut ini adalah  search engine selain Google yang bisa kamu coba sebagai mesin pencari alternatif. Jika seiring berjalannya waktu ada tambahan mesin percari baru atau ada yang terlewat kabari saya

Daftar search engine alternatif :

Microsoft Bing

1. Bing

Bing atau Microsoft Bing dengan semboyan “membantu Anda mengubah informasi menjadi tindakan”.  Pesaing utama  Google. Dimiliki dan dijalankan oleh Microsoft. Dahulu dikenal dengan Live Search, Windows Live Search, and MSN Search.

Yandex

2. Yandex

Merupakan mesin pencari dan juga Portal web. Yandex menawarkan pencarian internet dan layanan lain seperti peta, navigator, transportasi umum, taksi, cuaca, berita dll.  Yndex digunakan oleh orang-orang di Rusia, Ukraina, Belarus, Kazakhstan, Uzbekistan & Turki.

Baidu.com

3. Baidu Inc

Dikenal dengan sebutan Baidu. Mesin pencari berlogo tapak kaki anjing ini didirikan di kampus Baidu di Haidian – Beijing ini didirikan pada 18 Januari tahun 2000. Baidu merupakan mesin pencari yang dibuat khusus untuk China. Hal ini seperti mereka memiliki Google sendiri hanya dalam bahasa Cina/ mandarin.

DuckDuckGo.com

Baca juga : Bocoran teknologi terbaru iPhone dan iPad  2022

4. DuckDuckGo

Mesin pencari yang tidak melacak aktivitas online Anda. Pilihan yang baik untuk orang-orang dengan masalah privasi. Mesin pencari dengan logo Bebek dengan dasi kupu – kupu hijau ini memiliki menawarkan  perlindungan privasi tanpa batas di browser Anda secara gratis dengan satu unduhan.

SwissCows.com

5. Swisscows

Mesin pencari ramah keluarga yang menghargai privasi Anda. Dimiliki oleh perusahaan yang berbasis di Swiss, mengklaim bahwa dapat memberikan jawaban yang lebih cepat di pencarian diakarenakan mereka menggunakan penggunaan data semantik serta aman bagi privasi karena tidak menyimpan data pengguna.

6. StartPage

Mesin pencari lain yang mendukung privasi, mengijinkan penjelajahan secara Anonim dan membuka hasil pencarian melalui proxy. Menggunakan hasil Google tetapi tanpa pelacakan cookie. Kelebihan perusahaan Belanda ini dilindungi oleh UU privasi Belanda dan UE sehingga tidak tunduk ke program pengawasan Amerika.

SearchEncrypt.com

7. SearchEncrypt

Mesin pencari untuk menjaga privasi dengan mengenkripsi permintaan pencarian Anda secara lokal.

8. Gibiru

Menawarkan pencarian pribadi tanpa sensor. Juga memiliki aplikasi Android & iOS. Jadi, cari apa saja tanpa dilacak.

OneSearch.com

9. OneSearch

Menawarkan pencarian pribadi tanpa cookie. Juga tersedia melalui aplikasi seluler Android & iOS.

10. Wiki

Mesin pencari yang menarik informasi dari berbagai Wiki atau ensiklopedia online. Jadi, konten hanya dibuat oleh komunitas.

Baca juga : Harga iPhone 14 bocor

11. BoardReader

Mesin pencari yang menarik hasil hanya dari forum, forum dan komunitas yang berbeda.

12. GiveWater

Mesin pencari yang dibuat dengan tujuan untuk memecahkan masalah kekurangan air minum dan sanitasi di dunia.

13. Ekoru

Mesin pencari yang menyumbangkan 60% pendapatannya untuk mengurangi dampak buruk perubahan iklim melalui penghijauan, membersihkan lautan 7 mengurangi jejak CO2.

Ecosia.com

14. Ecosia

Mesin pencari lain yang membantu membuat dunia lebih hijau. Pencarian di mesin pencari ini mengarah pada penanaman pohon. 80% dari keuntungannya disumbangkan ke organisasi nirlaba yang fokus pada penghijauan.

yahoo!

15. Yahoo!

Ini adalah salah satu mesin pencari pertama di awal 1990-an. Sangat populer untuk generasi 90an, merupakan  sekarang semua pencariannya didukung oleh Bing. Terkenal memiliki salah satu servis email terbaik Yahoo Mail!

16. CCSearch

Mesinpencariuntuk menemukan gambar dengan lisensi Creative Commons atau di Domain Publik

17. Ask.com

Mesin pencari lama lainnya dimulai pada tahun 1995 dan saat ini sedang populer. Memiliki keunikan dimana backgroun bisa diganti – ganti dan menampilkan lebih banyak informasi di page 1 lebih banyak dibanding hasil pencarian di Yahoo dan Google.

Bonus Tambahan :

Twitter – Ini adalah platform media sosial tetapi dapat dianggap sebagai alat pencarian untuk menemukan berita dan kejadian terbaru di dunia. Bisa kamu coba untuk mencari informasi terupdate.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button