Portal BeritaPortal Teknologi

#Blokirkominfo Menggema karena PSE Kominfo

Portal.co.id – Jakarta #Blokirkominfo banyak sekali Bermunculan di Sosial Media karena Meresahkan Banyak Sekali Platform yang di Blokir, Saat ini Investor Platform Merugi akibat Pemblokiran Oleh Kominfo itu Sendiri, Diantaranya PayPal karena Pengguna Paypal Begitu Pesat hingga sekarang banyak Pembayaran Tersendat Oleh Kominfo itu sendiri namun ditegaskan bahwa Kominfo Berjanji akan Membuka Blokir PayPal, Steam, Epic Games, Origin, Xandr.com dan kawan-kawan asal Dengan satu Syarat.

Syaratnya, menurut Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, adalah platform tersebut secara legal mendaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

“Bisa (dibuka blokirnya) kalau memang terbukti mereka sudah daftar dengan memberikan data yang benar,” ujarnya, Sabtu (30/7).

Samuel mengklaim bahwa sampai saat ini, Kominfo telah memasukkan setidaknya delapan platform ke dalam daftar hitam karena gagal mendaftarkan PSE hingga batas waktu 29 Juli 2022, 23:59 WIB.

Menurut Semuel, jika prasyarat, khususnya mendaftar di situs PSE Kominfo, bisa ditunjukkan, pemblokiran pihaknya akan cepat dicabut. Ia mengatakan, “Prosedur normalisasi (membuka blokir) akan memakan waktu, sekitar 10 hingga 30 menit.

Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 Tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik dan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Swasta keduanya memuat ketentuan mengenai registrasi PSE (PSE).

“Saya coba menganalogikan, katakan kita mengajak teman kita main ke rumah kita. Kebetulan teman-teman kita dari berbagai latar belakang budaya. Nah, di depan pintu orang tua kita buat aturan “sepatu harus dilepas”. Sebagian besar teman kita melepas sepatunya, tapi ada sebagian kecil yang tidak mau,” tutur Semuel.

Menurut Portal.co.id Seharusnya Kominfo Bisa melakukan Penyiaran Melalui Beberapa Platform Televisi, Radio atau Bahkan Menggunakan Mode Pengiklan seperti facebook, Google Ads bukan hanya sekedar Melalui Sosial Media Kominfo sendiri, Karena ini terlalu Mendadak atau Terlalu Nekat sehingga banyak Orang yang Mengeluh Akibat Pemblokiran oleh Kominfo itu sendiri.

Cara Membuka Blokir dari Kominfo untuk Pembayaran yang tersendat bisa Melalui DNS -> Tutorial

Lalu Bagaimana Dengan Platform Website atau Perusahaan Startup Yang tidak Terdaftar di Kominfo itu Sendiri, Tentunya Kominfo sudah Menjelaskan hanya tinggal Mendaftar ke situs PSE kominfo untuk Membuka Situs yang telah di Blokir.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button