6 Universitas Di Cirebon Paling Bagus dan Populer Se-Jawa Barat

Kota Cirebon adalah salah satu kota di provinsi Jawa Barat yang memiliki banyak universitas baik negeri atau swasta yang memiliki kualitas baik. Sebagian universitas di Cirebon terkenal di masyarakat sekitar maupun luar kota.

6 Universitas Di Cirebon Paling Bagus dan Populer Se-Jawa Barat

Di bawah ini penjelasan mengenai 6 universitas di Cirebon paling bagus dan populer se-Jawa Barat.

1. Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon (Unswagati)

Universitas di Cirebon yang pertama adalah Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati). Unswagati berdiri pada tanggal 16 Januari 1961 dan mempunyai tujuan untuk membantu pemerintah daerah atau Pemda dalam pelaksanaan pembangunan. Pembangunan yang dimaksud adalah pembangunan sumber daya manusia melalui universitas di Cirebon.

Unswagati berada di bawah Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati sehingga salah satu universitas di Cirebon ini mengalami perkembangan yang pesat. Unswagati sudah meluluskan lebih dari 3000 sarjana Program Diploma serta lebih dari 10.400 sarjana dari dua belas Program Sarjana (S1) sekaligus tiga program Pascasarjana.

Fakultas yang ada di Unswagati di antaranya Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Teknik.

Pada tahun 2014, universitas di Cirebon ini telah mempunyai gedung baru yaitu Kampus Utama Unswagati yang memiliki 10 kelas serta gedung Tunas Gunung Jati atau disebut Kampus IV Unswagati yang mempunyai tiga lantai untuk enam kelas di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Universitas Swadaya Gunung Jati mempunyai berbagai program studi sebagai berikut.

  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Pertanian
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Sosial dan Politik
  • Fakultas Teknik

2. Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC)

Universitas di Cirebon yang kedua adalah Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC). Universitas di Cirebon ini merupakan perguruan tinggi swasta yang berada di Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. UMC berdiri pada tanggal 28 September 2000 dan dikelola oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Cirebon sendiri.

Tujuan dari universitas di Cirebon, UMC, berdiri adalah wujud dari idealisme serta komitmen warga Muhammadiyah Cirebon agar terus beramal dalam bidang peningkatan mutu kehidupan masyarakat. Gagasan pendirian Perguruan Tinggi Muhammadiyah di daerah Cirebon telah ada sejak tahun 1962. Hal ini ditandai dengan dibukanya FKIP Hukum serta FKIP Ekonomi. Akan tetapi, sumber daya manusia terbatas saat itu sehingga penyelenggaraan pendidikan menjadi terhambat. UMC mempunyai lima fakultas sebagai berikut.

  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Kesehatan
  • Fakultas Teknik
  • Fakukltas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

3. Universitas 17 Agustus (UNTAG 1945) Cirebon

Universitas di Cirebon yang ketiga adalah Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon atau UNTAG Cirebon. Universitas di Cirebon ini termasuk perguruan tinggi Swasta yang berada di Kota Cirebon, Jawa Barat.

Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Cirebon berdiri pada tanggal 2 September 1962 dan telah memiliki Cabang di Jakarta. Pendirian universitas di Cirebon ini juga merupakan perjuangan tokoh-tokoh seperti D. Usman Imam (Direktur APP Cirebon). UNTAG Cirebon telah mempunyai sarana serta prasarana kampus yang cukuprepresentatif oleh dosen yang baik.

Fakultas yang disebutkan universitas di Cirebon yaitu Universitas 17 Agustus 1945 Cirebon memiliki tujuh fakultas, diantaranya yaitu:

  • Fakultas Pascasarjana
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Kelautan dan Perikanan
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

4. Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Cirebon

Universitas di Cirebon keempat adalah Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon (UNU Cirebon). Universitas di Cirebon ini merupakan perguruan tinggi swasta yang berada di Cirebon, Jawa Barat, Indonesia. UNU Cirebon telah memiliki surat izin Dikti nomor 200/E/O/2011 pada tanggal 16 September 2011.

Yayasan Cahaya Putra Bangsa Cirebon yaitu yayasan yang terlibat dalam pendirian perguruan tinggi di Cirebon, termasuk UNU Cirebon. Inilah yang pertama dilakukan oleh unsur Nafdatur Ulama.

Fasilitas ini menandai awal dari kebangkitan Nahdliyyin di wilayah tersebut dan akan menjadi pusat yang luar biasa untuk pengembangan orang-orang yang sangat terspesialisasi yang meliputi kota Cirebon dan Kabupaten, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Majarenka.

Terdapat 6 Fakultas di UNU Cirebon sebagai berikut.

  • Fakultas Agama Islam
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Ilmu Komputer
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Teknologi Kelautan dan Perikanan

5. Institut Agama Islam Negeri Cirebon atau IAIN Syekh Nurjati

Univesitas di Cirebon adalah Institut Agama Islam Negeri IAIN Syekh Nurjati atau disingkat IAIN Syekh Nurjati. Universitas ini sebelumnya bernama STAIN Cirebon adalah Perguruan Tinggi Islam Negeri yang berada di Cirebon. IAIN Cirebon atau Syekh Nurjatidikenal Syekh Datuk Kahfi, merupakan tokoh perintis dakwah Islam di wilayah Cirebon.

Pada tanggal 12 Agustus 1965, salah satu dari tiga fakultas di lingkungan UNISHA yaitu Fakultas Agama dinasionalisasi dan ditetapkan sebagai Fakultas Tarbiyah IAIN “Al Jamiah” Syarif Hidayatullah Jakarta Cabang Cirebon.

Sedangkan dua fakultas lainnya yaitu Fakultas Hukum dan Ekonomi merupakan cabang dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Berdasarkan hal tersebut, tanggal 12 Agustus 1965 merupakan hari jadi IAIN Cirebon.

Dengan perkembangan selanjutnya, IAIN  membuka Fakultas Usuluddin yang berdiri pada tahun 1967, namun ditutup kembali karena kebijakan rasionalisasi pemerintah  pada tahun 1974. Mengikuti kebijakan ini, Fakultas Tarbia kemudian dipindahkan dari IAIN Cirebon ke IAIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 15 Maret 1976, dan akhirnya diubah menjadi Universitas Islam Negeri (STAIN) Cirebon pada tahun 1997 sesuai dengan nomor Inpres.

Pengalihan status IAIN Sunan Gunungjati Bandung Cirebon dari Fakultas Tarbia berlangsung pada 21 Maret 1997, namun lahirnya STAIN Silebon diubah pada 12 Agustus 1965.

6. Sekolah Tinggi Teknologi Cirebon (STTC)

Universitas di Cirebon yang keenam yaitu Sekolah Tinggi Teknologi Cirebon (STTC).
Pada tahun 2014, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah memberi kepercayaan untuk menyelenggarakan program studi Teknik Informatika S1 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no.082/P/2014.

Keterbatasan bakat dan faktor vokasional di bidang ilmu komputer, berkompeten seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, menjadi dasar komitmen Sekolah Tinggi Teknologi Cirebon untuk  menjadi lembaga yang menghasilkan talenta-talenta luar biasa di bidang keinsinyuran.

Demikianlah penjelasan mengenai 6 universitas di Cirebon baik negeri maupun swasta. Kampus-kampus yang telah disebutkan di atas berhak menjadi bahan pertimbangan ketika Anda ingin berkuliah di daerah Cirebon. Universitas di Cirebon merupakan universitas dengan berbagai tujuan, salah satunya untuk pemerataan pendidikan.

Oleh karena itu, setiap mahasiswa maupun mahasiswa yang berkuliah di universitas di Cirebon dapat belajar dengan serius dan dapat berprestasi dengan kemampuan masing-masing. Itulah penjelasan yang dapat disampaikan melalui artikel ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close