Info Loker 2023, Lowongan Kerja 2023, Loker 2023, Loker Banyumas 2023, Loker Jawa Tengah 2023, kata kunci pekerjaan, jobstreet, kata-kata untuk resume cara membuat resume kerja lampiran cv di jobstreet, lowongan kerja bandung, lowongan kerja terdekat, lowongan kerja hari ini, lowongan kerja pabrik, lowongan kerja langsung diterima, lowongan kerja karawang, lowongan kerja bekasi, lowongan kerja bogor, lowongan kerja 2023, lowongan kerja 2021, lowongan kerja bumn, lowongan kerja surabaya, lowongan kerja bandung, lowongan kerja jakarta, lowongan kerja medan, lowongan kerja di bali, lowongan kerja semarang olx lowongan kerja, info lowongan kerja, lowongan kerja bandung, lowongan kerja terdekat, lowongan kerja hari ini, lowongan kerja pabrik, lowongan kerja langsung diterima, lowongan kerja karawang
10 Makanan Khas Ramadhan yang Populer dari Seluruh Dunia - Portal.co.id

10 Makanan Khas Ramadhan yang Populer dari Seluruh Dunia

Menu Buka Puasa Populer dari seluruh Dunia

Portal.co.id – Bulan Ramadhan merupakan bulan kesembilan dalam penanggalan Islam. Lebih dari sekedar berpantang dari makanan dan minuman di siang hari, ini adalah waktu di mana kasih sayang, pengendalian diri, ibadah tarawih, membac 10 Makanan di Bulan Ramadhan yang Populer dari Seluruh Dunia.

Bulan Ramadhan merupakan bulan kesembilan dalam penanggalan Islam. Lebih dari sekedar berpantang dari makanan dan minuman di siang hari, ini adalah waktu di mana kasih sayang, pengendalian diri, ibadah tarawih, membaca al Quran, saling membantu sesama dan meningkatkan ibadah mejadi hal yang paling utama dilalkukan oleh umat Islam di seluruh dunia, dari Timur Tengah hingga Amerika Utara, Maroko hingga Manchester. Di penghujung bulan ini, hari raya Idul Fitri menjadi momen perayaan dan silaturahmi.

Makanan memainkan peran besar selama Ramadhan, dengan setiap hari puasa dimulai dengan makan sebelum matahari terbit yang disebut sahur dan makan setelah matahari terbenam yang disebut buka puasa atau futoor.

Komunitas Muslim beragam dan individu di dalamnya menikmati berbagai macam masakan, tetapi ada beberapa makanan yang dianggap tradisional oleh anggota budaya tertentu. Dari salad segar hingga sup bergizi, kebab hangat hingga samosa pedas, puding nasi hingga kue kering isi pistachio, ada banyak resep Ramadhan untuk dinikmati.

Jika Anda bertanya-tanya tentang beberapa makanan apa saja yang populer yang disiapkan secara tradisional di beberapa bagian di seluruh dunia selama Ramadhan, mari kita mulai daftarnya:

1. Asia Selatan : Haleem

Haleem – thedeliciouscresent.com

Di antara resep Ramadhan klasik dari Asia Selatan, akan banyak ditemukan variasi rebusan kental yang dibumbui menu ini. Haleem dibuat dengan merendam biji-bijian seperti gandum dan jelai yang sudah direndam semalaman, lalu direbus dan dicampur dengan saus daging untuk membuat tekstur seperti pasta.

Haleem disajikan di Pakistan, India, dan Bangladesh, dan variasi masing-masing regional mungkin mengandung buah-buahan dan kacang-kacangan kering. Bisa juga diberi topping jeruk nipis, bawang bombay, dan ketumbar segar. Haleem adalah tradisi kuno yang diperkirakan berasal dari hidangan yang dikenal sebagai harees, yang dicatat dalam buku masak yang berasal dari abad ke-10.

2. Arab Saudi: samboosa dan qatayef

Saat matahari terbenam, orang Saudi menyapa samboosa! Atau seperti yang mungkin sudah semua kita ketahui – samosa. Favorit menu makanan Ramadhan Arab Saudi ini selalu muncul di meja dan dinikmati dalam jumlah besar. Daging giling, keju kenyal, sayuran (atau bahkan cokelat!) Dikemas ke dalam bungkusan kecil kue kering yang gurih dan cocok untuk camilan saat bepergian juga pastinya untuk berbuka puasa.

qatayef – unsplash

Qatayef, di sisi lain, pada dasarnya adalah pancake mini yang diisi dengan segala sesuatu sesuai favorit masing-masing . Baik itu campuran kacang pistachio dan kenari cincang klasik, atau keju manis yang lengket di mana-mana di seluruh masakan Timur Tengah. Mereka kemudian dilipat menjadi dua, digoreng, dan tentu saja, disiram dengan sirup gula. Renyah di luar dengan isian kejutan di tengahnya, tidak diragukan lagi mengapa qatayef sangat tenar di wilayah Arab Saudi.

3. Turki: Ramadhan Pidesi

Selama bulan Ramadhan di Turki, toko roti sibuk membuat roti pita yang dikenal sebagai “Ramazan pidesi” yang tidak akan Anda temukan sepanjang tahun. Itu terbuat dari tepung terigu dengan ragi dan di atasnya dengan biji, dan memiliki pola tenun yang khas di atasnya.

pidesi – unsplash

Ramadhan pidesi secara tradisional disajikan untuk berbuka puasa dan sahur. Di Turki anak-anak sering pergi untuk mendapatkan sepotong roti pide Turki segar tepat sebelum berbuka puasa.

3. Yaman: Aseda

Di seluruh dunia Arab, versi lauk sederhana ini dinikmati selama Ramadhan dan perayaan lainnya seperti Maulid. Di Yaman, adonan tepung terigu yang lembut ini sangat umum. Biasanya disajikan dengan kaldu ayam berbumbu dan dimakan dengan tangan.

aseda – shebayemenifood.com

Hidangan ini berasal dari al-Andalus abad pertengahan. Versi lain, seperti bubur Maroko ini, disajikan dengan mentega dan madu.

4. Indonesia : Kolak

kolak – cookpad

Apa saja menu buka puasa di Indonesia, Anda mungkin bertanya? Nah, kolak yang terkenal itu pasti. Kolak adalah makanan penutup manis yang terdiri dari bahan-bahan yang direndam dalam santan kental yang dimasak dengan gula aren dan daun pandan. Bahan-bahan tersebut biasanya berupa pisang, ubi, atau irisan nangka. Kolak biji salak atau biasa disebut Kodak candil adalah salah satu variasi yang juga populer, yang di buat dari adonan ubi jalar yang kenyal seperti bola-bola seukuran kelereng.

Es buah adalah contoh lain dari makanan manis khas Indonesia yang biasa dinikmati selama bulan Ramadhan. Buah potong dadu (segar dan kalengan), jeli dari semua rasa, biji kemangi sesekali, dan santan berkumpul untuk membentuk koktail buah yang hampir mirip nektar. Ditambah dengan panasnya Indonesia yang menyengat sepanjang tahun, campuran yang menyegarkan ini tentunya menjadi pembuka buka puasa yang menggugah selera.

5. Libanon : Fattoush

fattoush – freepik

Salad Timur Tengah ini dikemas dengan sayuran segar dan potongan roti pita (ya!) Anda akan menemukan banyak variasi pada resepnya, dengan saus delima yang populer.

6. Mesir: Ful dan Hummus

Ful dan Hummus – pulses.org

Hidangan seperti hummus ini, juga disebut ful medames, terbuat dari kacang fava yang sehat. Ini adalah hidangan kuno yang populer di banyak bagian dunia berbahasa Arab. Dibumbui dengan bawang putih dan dimasak dengan tomat dan minyak zaitun, sering disajikan dengan roti pita saat sarapan.

7. Maroko: Harira

harira – unsplash

Semua jenis sup adalah makanan pembuka yang populer untuk hidangan berbuka puasa, seperti shorbat adas (sup miju-miju merah) di meja Mesir atau Lebanon dan harira di rumah-rumah Maroko. Dibuat dengan buncis, lemon, dan banyak bumbu, harira adalah makanan nyaman yang membantu rehidrasi dan nutrisi setelah seharian berpuasa. Sajikan dengan couscous untuk iringan gandum.

8. Asia Selatan: Fruit Chaat

fruit chaat – awesomecuisine.com

Buah-buahan dan sayuran segar adalah bagian penting dari banyak menu buka puasa, sebagai cara berbuka puasa yang ringan dan menyegarkan. Dinikmati di Bangladesh, Pakistan, dan India, salad buah yang tajam ini adalah tradisi Ramadhan bagi banyak keluarga Asia Selatan. Buah-buahan tertentu yang disertakan bervariasi secara regional, dan dapat mencakup apa saja mulai dari pisang dan apel hingga belimbing.

Fruit chaat mendapatkan namanya dari bumbu chaat masala yang dicampur dengan buahnya. Anda akan menemukan banyak variasi pada resep ini, tetapi chaat masala sering kali mengandung amchoor (bubuk mangga kering), jinten, garam hitam, ketumbar, jahe kering, garam, merica, dan bubuk cabai.

9. Somalia: Cambaabur

cambaabur – mysomalifood.com

Anda biasanya akan menemukan cambaabur disajikan saat Muslim Somalia menikmati hari raya Idul Fitri. Ini memiliki tekstur yang mirip dengan injera, tetapi dibuat dengan lebih banyak bumbu. Saat perayaan Idul Fitri, biasanya disajikan dengan yogurt dan taburan gula di atasnya. Adonan cambaabur biasanya termasuk jinten, bawang putih, kunyit, dan bawang merah.

10. Uni Emirat Arab (UEA): Dari harees dan thareed

Harees adalah hidangan seperti bubur yang umumnya diasosiasikan dengan Ramadhan di UEA. Setelah berpuasa dari fajar hingga senja, apa lagi yang bisa membuat makanan berbuka puasa lebih bijak selain sesuatu yang mudah dicerna namun tetap mengenyangkan?

Itu terbuat dari gandum mutiara yang direbus hingga hancur dan membentuk tekstur yang mirip dengan oatmeal. Langkah selanjutnya dalam proses memasak adalah menambahkan daging domba, sapi, atau ayam yang empuk, serta bumbu rempah untuk menambah aromanya. Oh, dan ghee juga!

thareed – thedenverpost.com

Tidak hanya untuk Muslim di UEA tetapi juga untuk Muslim di wilayah tersebut, thareed adalah rebusan yang dimasak perlahan dengan potongan daging domba dan sayuran lezat yang disajikan di atas roti pipih tipis dan renyah yang disebut reqaq. Bahkan, disebutkan dalam hadits sebagai makanan favorit Nabi Muhammad SAW.

Selain 10 daftar tadi ada satu jenis menu berbuka yang universal di seluruh dunia yaitu
minuman menyegarkan. Rehidrasi penting dilakukan setelah puasa dan sebelum hari dimulai.

Qamar al-deen adalah jus yang dibuat dengan pasta aprikot yang populer untuk sarapan. Di Mesir, sobia adalah minuman krim yang terbuat dari beras dan santan. Di seluruh dunia, umat Islam juga menikmati berbagai teh saat ini.

Daftarnya terus berlanjut! Di Pakistan, India, dan Bangladesh, sirup mawar yang dikenal sebagai rooh afzah adalah favorit tradisional. Dan di Indonesia, Es Timun Suri adalah minuman manis yang terbuat dari buah mirip melon yang dipanen khusus untuk memenuhi permintaan selama bulan Ramadhan.

Semua pembicaraan tentang makanan berbuka puasa ini mungkin membuat sangat ngiler terutama yang membaca saat menunggu waktu berbuka puasa. Namun, harus diingat jangan sampai kita melakukan pemborosan makanan yang sering terjadi di bulan Ramadhan karena kita lapar mata yaa,,.

Semoga ini jadi pengingat untuk tidak membeli berlebihan. Jika ya, amalkan esensi Ramadhan dengan berbagi dengan orang lain atau memberikannya kepada mereka yang membutuhkan.

Ramadhan Mubarak
Muslim di seluruh dunia tersebar dengan lautan dan seluruh benua yang memisahkan mereka. Namun, ketika bulan Ramadhan tiba, mereka terhubung melalui ibadah dan refleksi kolektif. Hubungan ini sangat kuat, dan menikmati makanan Ramadhan yang berbeda dari seluruh dunia dapat membuatnya semakin kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button