Portal Hewan

10 Alasan untuk memelihara kucing

Kenapa anda memilih kucing sebagai hewan peliharaan

Kucing Jika sekarang anda ingin memiliki hewan peliharan dan  masih bingung mau memilih hewan apa yang bisa dibawa pulang untuk menemani keseharian serta bermain bersamanya.

Atau anda kemarin melihat seekor kucing lucu di instagram yang menarik perhatian  dan  berfikir untuk  mengadopsinya, dan sekarang anda sedang mencari informasi tentang apa saja yang harus disiapkan, serta apa pros dan cons nya dari memelihara seekor kucing.

Portal Hewan mencoba untuk menyajikan 10 Alasan untuk memelihara kucing yang dapat membantu anda membuat keputusan untuk memasukan seekor kucing menjadi bagian dari kehidupan anda atau keluarga anda.

1. Kucing adalah hewan yang lucu

Inilah alasan kebanyakan orang kenapa mereka ingin memelihara kucing. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kucing merupakan sumber konten favorit, jadi kelucuan mereka dapat dengan mudah kita temukan di instagram, Youtube, facebook, Tik-tok dan media sosial lainnya. Memiliki teman yang lucu yang bisa diajak main setiap saat adalah alasan untuk memelihara seokor kucing.

2. Biaya perawatan kucing cukup murah

Kucing membutuhkan makanan yang lebih sedikit dibandingkan dengan anjing. Seekor kucing hanya membutuhkan makanan kucing 1,5kg  hingga 3 kg per bulan, bandingkan dengan konsumsi seekor anjing kecil yang membutuhkan makanan 5 hingga 10 kg per bulan.

Untuk kebersihan kucing, cukup untuk menyediakan bak pasir dan skup pembersih. 1 sak pasir wangi isi 20 liter cukup untuk 2 bulan per satu ekor kucing, biaya yang dikeluarkan sekitar 100 ribuan saja.

Kucing baik bulu panjang maupun bulu pendek perlu digrooming , kucing berbulu panjang lebih membutuhkan perawatan yang intens. Ingin simple, cukup disisir tiap hari dan  dimandikan di petshop. Biaya yang dikeluarkan sekira 50rb – 150rb untuk sekali grooming. Untuk kucing berbulu pendek perawatannya lebih simple, cukup rajin disisir dan dilap serta potong kuku setiap dua minggu sekali.

3. Kucing merupakan kado istimewa

Media sosial saat ini tidak hanya dinikmati oleh remaja dan orang dewasa, tetapi juga anak – anak. Seperti dibahas pada point diatas, tayangan kelucuan kucing ini sering menarik minat anak, dan membuat mereka sangat menginginkan kucing sebagai hadiah.

Menjadikan kucing sebagai hadiah ulang tahun atau hadiah kenaikan kelas adalah suatu kado istimewa yang akan berkesan dan tidak akan mudah dilupakan seorang anak. Hanya saja harus tetap diperhatikan batasan usia berapa, seorang anak bisa diberi tanggung jawab untuk memelihara hewan.

Alasan lain orang tua memberikan hadiah kucing untuk anak yaitu untuk mengajarkan anak tanggung jawab. Anak belajar untuk merawat, memberi makan secara teratur, membersihkan kandang dan menyisir kucingnya setiap hari. Memiliki kucing membuat suasana rumah menyenangkan dan anak – anak menjadi betah di rumah.

4. Kucing merupakan binatang yang tenang dan pendiam

Jika anda menginginkan hewan peliharaan yang tidak ribut, maka kucing adalah pilihannya. Jika dibandingkan dengan memelihara seokor anjing maka bunyi mengeong seekor kucing yang paling cerewet  masih sangat jauh lebih sunyi dibandingkan dengan bunyi gonggongan seekor anjing paling pendiam.

Bagi anda yang menginginkan kucing yang tenang, sangat disarankan untuk mengadopsi kucing diatas usia 3 bulan. Karena kucing dibawah usia 3 bulan masih tergantung kepada induknya, jadi mereka sering mengeong mencari induknya.

Disarankan juga untuk mensteril kucing yang menjelang masa dewasa. Kucing dewasa diatas usia 1 tahun mulai masa birahinya. Terkadang kita temui kucing jantan maupun betina yang mengeong – ngeong memanggil pasangannya. Jika kucing sudah distreril maka masa birahi ini akan dilewati.

Kelebihan lain dari mensteril kucing adalah kita membantu mengontrol populasi kucing. Jika kita membiarkan kucing yang kita pelihara kawin dengan sembarangan kucing kemudian melahirkan, tidak jarang para pemilik kucing yang menelantarkan anak -anak kucingnya dilepas begitu saja.

Pemilihan Ras kucing juga menentukan kelincahan dan ketenangan karakter kucing. Jika anda menginginkan kucing yang kalem, maka pilih lah kucing dari Ras Persia, Exotic Short Hair, Maine Coon, British Short Hair, Ragdoll, Birman dan Himalayan. Mereka  termasuk kucing friendly but lazy, cenderung tidur dan bermalas – malasan.

Jika menginginkan kucing yang playfull maka pilih kucing dari jenis Siamese, Spinx, Bengal, Munchkin, Abysinian dan Turkish Anggora.  Kucing – kucing dari Ras ini sangat senang bermain dan berlarian, hanya saja anda perlu sedikit mengatur perabotan agar tidak jatuh tersenggol oleh mereka ketika bermain.

5. Kucing dapat menjaga dari binatang pengganggu

Kucing merupakan hewan yang memiliki skil untuk berburu. Meraka diberi kemampuan untuk mendengar bunyi – bunyian yang mencurigakan, mencari dan mengikuti mangsanya dengan jeli, serta kemampuan untuk menangkap mangsa. Keberadaan kucing juga memancarkan aroma yang bisa mengusir tikus.

Ini adalah hal yang sempurna untuk melindungi anda dari gangguan serangga pengganggu maupun tikus.  Anda yang takut akan serangga misalnya kecoa, pasti bisa tenang jika memiliki kucing di dekat anda.

6. Kucing cocok dipelihara di apartemen

Tinggal disebuah unit apartemen tentu sangat menyenangkan jika ditemani oleh hewan peliharaan kesayangan anda. Ketika berbicara tentang hewan peliharaan di apartemen, kucing seringkali lebih cocok daripada anjing. Jika dibandingkan dengan anjing, kucing membutuhkan lebih sedikit ruang dan dapat memanfaatkan ruang vertikal dengan baik.

Syarat yang biasa diterapkan oleh pengelola apartemen  bisanya meliputi jenis hewan, ukuran, ras, apakah hewan sudah jinak dan sudah biasa berinteraksi dengan manusia serta vaksinasi. Kucing adalah hewan yang tepat dan biasanya termasuk kedalam syarat hewan yang diijinkan untuk dipelihara di dalam unit.

Sudah banyak apartemen yang mengijinkan pemilik unit untuk memelihara kucing. Untuk perawatan kucing di apartemen sebetulnya tidak jauh berbeda dengan memelihara kucing didalam rumah, hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Disarankan untuk memelihara kucing jenis bulu pendek, karena lebih simple perawatannya dan tidak meninggalkan bulu disembarang tempat jika kita tidak rutin untuk menyisirnya. Gunakan pasir gumpal berbahan dasar Tofu yang lebih wangi dan menyerap bau lebih baik serta lebih mudah dalam pembuangannya karena bisa  langsung dibuang ke dalam kloset.

Pastikan juga menyediakan scratching pad untuk tempat kucing mengasah kuku, sehingga kucing tidak mencakar furniture atau sofa kesayangan anda.

7. Kucing membantu kesehatan

Riset sudah menunjukan  kucing mempunyai dampak menenangkan pada pemiliknya. Bagi penderita insomnia, mengelus kucing dan mendengar kucing yang” purring” atau mendengkur sangat membantu dan menjadi terapi bagi penderita insomnia untuk tertidur.

Memelihara kucing ternyata bisa berpengaruh dalam merendahkan tekanan darah serta resiko serangan jantung. Bahkan ada sebuah riset ilmiah yang menyatakan bahwa pemilik atau pemelihara kucing memiliki resiko 30% lebih kecil kemungkinannya terkena serangan stoke atau serangan jantung jika dibandingkan dengan yang bukan pemelihara kucing.

8. Kucing adalah hewan berumur panjang

Ditinggalkan oleh hewan peliharaan merupakan pengalaman yang menyedihkan bagi pemilik hewan peliharaan apapun. Untungnya kucing memiliki harapan hidup yang cukup lama.

Rata – rata rentang hidup kucing  adalah 12 tahun. Penulis sendiri pernah memiliki beberapa kucing yang hidup diatas 15 tahun bahkan ada yang hidup hingga 17 tahun.

9. Kucing adalah hewan yang mandiri

Kucing tidak memerlukan tingkat perhatian yang tinggi. Kucing merupakan mahluk yang mandiri. Kucing malah senang memiliki waktu untuk diri mereka sendiri. Dalam sehari kucing bisa menghabiskan waktu 15 jam untuk tidur.

Jadi anda tidak perlu khawatir bahwa anda tidak cukup meluangkan waktu untuk mereka, atau takut mereka bosan ditinggal selama anda bekerja. Bagi kucing, beberapa saat berada di dekat anda sudah membuat mereka puas.

10. Kucing mudah dilatih

Kucing tidak memerlukan pelatihan khusus dan mampu membersihkan diri sendiri. Dengan menyediakan tempat yang diisi oleh pasir khusus untuk kucing, mereka sudah terbiasa untuk pis dan poop ditempat itu.

Dengan teknologi saat ini, pasir kucing sangat mudah untuk dibersihkan. Ketika kucing buang air kecil, pasir yang terkena urin langsung menggumpal. Belum lagi aroma pasir yang sekarang tersedia dalam berbagai aroma seperti apel, lemon hingga aroma kopi… hmm menarik yaa.

 

Itulah 10 hal yang dapat Portal Hewan sampaikan, yang dapat menjadikan pertimbangan untuk menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan anda. Jika masih terdapat hal yang kurang jelas, silahkan sampaikan dikolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button